Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Helm Anti Begal Karya Anak Bangsa

Helm Anti Begal Karya Anak Bangsa

IndonesiaOne.org – Maraknya aksi pembegalan di Indonesia yang telah banyak merenggut korban jiwa ternyata membuat anak muda Indonesia berpikir kreatif. Ya, itulah yang dilakukan oleh Gde Bagus dan Agung Budi Wibowo. Dua orang siswa SMKN 1 Purworejo, Jawa Tengah berhasil menciptakan helm anti- begal yang hingga saat ini masih dalam pengembangan untuk dibuat secara massal.

Cara kerja dari helm ini cukup unik. Helm tersebut dirangkai dengan peralatan elektronik yang terkoneksi dengan sepeda motor.  Ketika motor berhasil dirampas oleh pembegal, dalam jarak kurang dari 50 meter helm dapat mematikan mesin motor sekaligus menghidupkan sirine. Sehingga upaya pembegal untuk membawa lari motor tersebut dapat dihentikan dan sekaligus menarik perhatian massa untuk menolong korban dan menangkap begal.

 

foto : Rinto Heksantoro, by detik.com

Ngak cuma itu guys, helm ini juga bisa otomatis membersihkan kaca dengan menggunakan sensor suara. Biaya pembuatan smart helmet ini Rp 1 juta. Rencananya akan ada pengembangan fitur lain seperti helm angkat telpon otomatis, pengisian baterai HP, anti-maling, anti-panas, hingga helm anti-ngantuk.

So guys, tentunya dua anak muda ini harus kita jadikan contoh. Mereka tidak hanya kritis melihat kehidupan sosial masyarakat yang ada tapi juga memberi solusi! Salut untuk kalian berdua. Maju terus membangun negeri kita tercinta!

 

 

 

Check Also

8 Manfaat Mencoba Hal Baru

Mencoba hal-hal yang baru bisa saja menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kita. Selama ini kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *