Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Hidup Sederhana dan Cara Berhemat

Hidup Sederhana dan Cara Berhemat

Mungkin banyak dari kita yang menganggap hidup sederhana adalah hidup miskin kekurangan uang. Tampilan sederhana dan minimalis, barang-barang tidak branded, dan lain sebagainya. Namun ternyata, kesederhanaan dan hidup berkekurangan adalah hal yang sangatlah berbeda.

Ada banyak milyuner di dunia yang sangat kaya, hingga mereka sanggup membeli apa saja yang mereka mau, tetapi justru memilih hidup sederhana. Nah apa saja pelajaran “kesederhanaan” yang dapat kita ambil dari para milyuner dunia ini ? Mari kita lihat 6 diantaranya :

1. Mereka hidup di bawah kemampuan

Mark Zuckerberg (CEO dan Founder Facebook) adalah seorang milyuner muda yang memiliki gaya hidup “just enough”. Sehari-harinya ia hanya memakai setelan kaus abu dan celana jeans serta mengendarai mobil Honda Fit (Jazz) seharga Rp 340 juta.

Tidak perlu mahal, yang penting fungsi.

2. Memiliki rumah yang sederhana

Warren Bufffet (Pakar Investasi dan CEO Berkshire Hathaway ) memiliki gaya hidup yang sederhana. Ia membeli rumahnya pada tahun 1958 seharga Rp 390 juta dan masih tinggal di rumah yang sama hinggga saat ini.

3. Lupakan gengsi utamakan fungsi

Azim Premji (WIPRO Chairman) memiliki nama besar sebagai kaisar dari industri IT di India, namun ia tidak malu untuk menginap di hotel bintang tiga setiap perjalanan bisnisnya. Menurutnya, selama tempat yang ia tinggali nyaman dan terjangkau, untuk apa membayar harga yang leebih hanya untuk gengsi semata.

4. Memanfaatkan peluang promo dan barang gratis

Beyonce ( Penyanyi dan Ikon Pop Entertainment) sebagai seorang selebriti tenar, justru jarang membeli barang-barang mahal dengan uangnya sendiri. Ia memilih untuk memakai perhiasan dan pakaian pemberian dari designer dan produsen perhiasan ketimbang membeli dengan merogoh koceknya sendiri.

5. Memperbaiki barang yang masih bisa terpakai

Michael Bloomberg ( Pendiri dan CEO Bloomberg) adalah seorang milyuner dan mantan walikota New York yang pernah menjadi headline suatu koran saat wartawan memergokinya sedang memperbaiki sol sepatunya yang rusak, ketimbang membeli sepatu yang baru.

6. Mencatat rincian belanja

T. Boone Pickens (Chairman BP Capital dan Oil Magnate) memiliki kebiasaan untuk mencatat setiap kebutuhan yang ia perlukan sebelum melakukan belanja bulanan. Ia membawa uang tunai yang secukupnya sesuai dengan budget yang sudah ia catat.

Itulah 6 kebiasaan sederhana dari para milyuner dunia yang dapat kita jadikan contoh.

Check Also

Membedakan Pengakuan Terpaksa dan Pengakuan Tulus

IndonesiaOne.org – Mengakui suatu kebohongan merupakan tindakan terpuji yang perlu diapresiasi. Tapi ternyata, mengakui kebohongan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *