Hiu ini Tinggal di Gunung Berapi Aktif

413
15-Ikan Hiu

Indonesiaone.org – Alam selalu menyimpan jutaan hal yang luar biasa dan mampu membuat manusia berdecak kagum.

Salah satu keunikan alam yang terekspos kali ini adalah gunung berapi Kavachi yang terletak di Laut Pasifik Barat Daya, di wilayah negara Kepulauan Solomon (Solomon Islands).

solomon

Kavachi adalah gunung berapi aktif yang terletak di bawah permukaan laut, dan pertama kali meletus di tahun 1939. Setidaknya ada 11 Erupsi yang terjadi sejak tahun 1970, dan 2 letusan di tahun 1976 dan 1991 sangatlah kuat hingga menciptakan beberapa pulau baru.

 Erupsi terakhir berlangsung pada bulan Januari 2014. Menurut para ahli kelautan, saat sedang Erupsi tidak mungkin ada makhluk yang bisa tinggal di sana.

Sebuah tim dari National Geographic mencoba untuk melakukan ekspedisi menelusuri kedalaman dari Kavachi yang pada saat ini sedang “tidur” sehingga memungkinkan untuk para kru memasukkan deep-sea camera ke dalam kawah untuk melihat aktivitas hydrothermal.

Ekspedisi ini menjadi eksedisi pertama yang menyusuri gunung berapi bawah laut. Tim ekspedisi menemukan beberapa hal yang menakjubkan di kaldera utama Kavachi. Terlihat beberapa ubur-ubur yang sedang berenang dengan normal seperti di lautan biasa. Di sana juga ada ikan kakap dan ikan kecil lainnya.

Demi keamanan para kru, mereka menurunkan kamera lebih lanjut ke kedalaman kaldera gunung berapi. Begitu kagetnya para kru ketika melihat ikan hiu kepala martil yang bergerak mendekati kamera. Ternyata tidak hanya satu hiu kepala martil yang hidup di sana, tetapi ada beberapa ikan hiu kepala martil lainnya yang berenang di sekitar area tersebut.

silverHiu Sutra yang tertangkap kamera

Selain hiu kepala martil, ada satu spesies hiu lainnya yang terlihat di sana yaitu hiu sutra (silky shark). Selain itu mereka juga menemukan spesies ikan besar lainnya seperti ikan Pari. Para peneliti sangat terkejut melihat berbagai hewan laut yang mampu beradaptasi pada lingkungan dengan suhu dan kandungan asam yang tinggi.

Video lengkapnya :