Connect with us

Teknologi

Hp 1,3 Juta Baterai 6000 mAH Infinix Hot 10 Play

Infinix kembali mengeluarkan handphone “entry level” dengan harga ekonomis seharga 1,3 juta namun memiliki spesifikasi yang cukup sangar yaitu Infinix Hot 10 Play yang telah resmi dirilis di Indonesia di bulan Februari 2021 ini.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita lihat pros and cons dari handphone ini :

Keunggulan – Baterai Sangar dan Kamera Ai yang pintar

Infinix Hot 10 Play memiliki kapasitas baterai yang sangar yaitu 6.000 mAh dan diklaim punya waktu siaga 55,7 hari, 155 jam nonstop untuk mendengarkan musik, 53 jam nonstop menelepon, dan 13,8 jam nonstop bermain game.

Selain kapasitas yang besar, Hot 10 Play dilengkapi dengan teknologi Power Marathon yang terdiri dari dua mode yaitu : Power boost dan Ultra ModeKedua mode tersebut membuat user dapat menggunakan handphone dengan jangka waktu lama tanpa perlu dicas ulang berkali-kali. Power Marathon juga membuat Hot 10 Play memiliki tambahan 25 persen cadangan baterai yang teraktivasi saat baterai tersisa 5 persen. Mode daya ultra memberikan 19 jam tambahan masa pakai baterai.

Dari segi fotografi, Infinix Hot 10 Play dilengkapi oleh kamera depan 8MP dan kamera belakang ganda 13 MP. Baik kamera depan maupun kamera selfie sudah didukung oleh teknologi AI (artificial intelegence).

Teknologi AI ini memungkinkan penggunanya menghadirkan blur potret yang meningkatkan fokus setiap gambar. Kamera depan juga ditunjang oleh fitur AI beauty untuk tangkapan kamera yang alami.

Kualitas dari kamera Infinix Hot 10 Play sangat baik untuk ukuran Handphone entry level, dengan tangkapan gambar yang jernih dan warna yang tajam.

Kelemahan – Speaker dan RAM

Salah satu kelemahan dari handphone ini adalah kualitas speakernya yang tergolong biasa saja, dan kadang sedikit pecah saat mendengarkan musik tertentu. Namun hal itu cukup dimengerti mengingat handphone ini adalah handphone entry level dengan harga yang sangat terjangkau.

Hot 10 Play memiliki Ram 2 GB dengan memori internal 32 Gb. Dari segi memori, Infinix Hot 10 Play cukup lemah dengan RAM yang tergolong kecil (2GB) bahkan untuk ukuran handphone entry level yang pada umumnya sudah memiliki Ram 3GB.

Ram yang kecil membuat penggunanya harus bijak dalam penggunaan aplikasi yang tidak bisa terlalu banyak.

Performa

Infinix Hot 10 Play menggunakan chipset Helio G25 dengan CPU octa-core yang menyajikan performa yang terbaik di kelasnya. Chipset ini dilengkapi dengan teknologi Hyper Engine yang mendukung peralihan cerdas antara LTE dan WiFi.

Helio G25 juga mengurangi lag saat bermain game secara aktif. Terbukti Handphone ini cukup mulus saat dipakai untuk memainkan game-game ringan seperti Mobile Legend ataupun PubG mobile.

Layar

Hot 10 Play memiliki panel layar 6,82 Inci HD+ dengan rasio layar ke bodi ponsel sebesar 90,66 persen. Layar tipis dengan rasio aspek 20,5:9 membuat ponsel ini dapat dioperasikan dengan nyaman bahkan dengan satu tangan.

Desain

Tersedia dalam warna Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black dan Purple. Infinix Hot 10 play memiliki design yang cukup elegan, dengan bahan bodi belakang dari polikarbonat dengan tekstur dan pola bergaris yang memiliki pantulan yang unik saat dilihat dari berbagai sisi.

Infinix Hot 10 Play

Security

Handphone ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup kumplit yaitu sensor sidik jari (fingerprint) dan pengenalan wajah (face recognizition).

Software

Infinix Hot 10 Play menggunakan XOS 7.0 berbasis Android 10, dengan fitur split screen dan kompresor gambar.

Kesimpulan

Infinix Hot 10 Play adalah handphone yang direkomendasikan bagi anda yang membutuhkan handphone dengan harga yang terjangkau dan dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Bagi anda yang membutuhkan handphone ekonomis yang dapat dipakai seharian tanpa perlu cas ulang, misalnya saja pengemudi Ojek online, admin media sosial, atau penjual toko online, handphone ini sangat pas untuk anda.

Spesifikasi Lengkap :

TAMPILAN
Ukuran Layar 6.82″
Resolusi Layar 720 x 1640pixels
Water Resistant Tidak
Teknologi Layar IPS-LCD 440 nits (typ)
Scratch Resistant Tidak
Kedalaman Piksel 264ppi density
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, AF
Resolusi Kamera Depan 8 MP, f/2.0, (wide)
Tipe Kamera Quad Kamera
Resolusi Video 1080p@30fps
MEMORI
Penyimpanan 32GB
RAM 2GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 207 g
Warna Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black, Purple
Dimensi (W x H x D) 171.8 x 78 x 8.9 mm (6.76 x 3.07 x 0.35 inci)
BATERAI
Kapasitas Baterai Li-Po 6000mAh
Charging Fast Charging 10W
PLATFORM
Chipset MediaTek Helio G25 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
Versi OS Android 10 (Go edition), XOS 7
PELUNCURAN
Tahun Rilis 2021
Bulan Rilis Februari
SIM
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM, dual stand-by)
KONEKSI
USB Connector microUSB 2.0
5G Tidak
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFC Tidak
FITUR
Fingerprint Scanner Ya
Face Recognition Ya
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknologi

Redmi 9T VS Poco M3

Xiaomi baru saja meresmikan anggota baru Redmi 9 Series yaitu Redmi 9T yang mengusung slogan “Jawaranya Batre Gede” dengan kapasitas baterai yang tidak main-main, sebesar 6.000 mAh.

Spesifikasi yang sangat menarik ditawarkan oleh Xiaomi, dengan harga Rp 1.999.000 untuk model 4GB +64GB dan harga Rp2.399.000 untuk model 6GB+128GB.

Uniknya, spesifikasi Redmi 9T ini nyaris sama dengan spesifikasi smartphone favorit banyak orang Poco M3, yang sering disebut “smartphone ghoib” karena ketersediaannya yang sangat terbatas, dan kalaupun ada, biasanya harganya jauh diatas harga jual normalnya.

Redmi 9T ini menjadi angin segar bagi anda yang kepincut Poco M3, tapi ga dapet-dapet sampai sekarang..

Tanpa berlama lagi, mari kita lihat spesifikasi lengkapnya

Desain

Redmi 9T tersedia dalam 3 warna, yaitu Carbon Gray, Twilight Blue,  dan Ocean Green.

Memiliki efek pantulan cahaya dari bingkai kamera belakang, membuat smartphone ini menampilkan kesan mewah yang jarang dimiliki oleh smartphone entry-level.

Permukaan bodi belakang memiliki tekstur dan tulisan “Redmi” yang memberikan sentuhan berbeda dari produk Xiaomi lainnya. Empat kamera belakang membuat tampilannya semakin mewah.

Pada sisi kanan bodi, Redmi 9T dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Di sisi bagian atas dan bawahnya, terdapat dua buah speaker yang dapat menghasilkan suara Stereo yang jernih.

Redmi 9T dilengkapi dengan audiojack 3,5mm di bagian atas dan port USB-C untuk slot charger. Pada sisi kiri bodi terdapat slot tray untuk Dual SIM sekaligus MicroSD (up to 512GB) yang terpisah.

Layar Redmi 9T sebesar 6,53 inci dengan Resolusi FHD Plus, sebuah resolusi layar yang tidak main-main untuk smartphone entry level.

Fitur

Redmi 9T menggunakan OS Android 10 dengan tampilan MIUI 12.0.2 Global.

Fitur keamanan dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan wajah.

Salah satu fitur yang sebetulnya diharapkan namun tidak ada, yaitu fitur Game Turbo, mengingat Redmi 9T menggunakan chipset kelas menengah Snapdragon 662.

Kamera

Xiaomi Redmi 9T memiliki empat buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultra-wide angle 8MP, dan masing-masing 2MP di kamera makro serta sensor depth.

Kualitas foto kamera belakang Redmi 9T sangat memuaskan untuk ukuran smartphone entry level dan kualitas tangkapan gambarnya juga cukup baik bahkan di kondisi kurang pencahayaan.

Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

Performa

Redmi 9T menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 662 sama seperti Poco M3, dengan performa yang sangat mirip dengan performa Poco M3.

Dalam bermain game-game ringan dan menengah seperti COD, Pubg ataupun Mobile Legend, Redmi 9T dapat diandalkan dengan settingan grafis medium, namun handphone ini belum bisa digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact.

Kapasitas baterai 6.000 mAH membuat handphone ini dapat bertahan hingga 23 jam non-stop.

Kesimpulan

Poco M3 dan Redmi 9T nyaris sama dalam segi performa, kualitas kamera, maupun daya tahan baterai. Hanya saja Poco M3 memiliki desain unik yang tidak dimiliki oleh handphone lain.

Perbedaan lainnya adalah Redmi 9T yang memiliki 4 kamera belakang, namun dari segi tangkapan gambar dan video, keduanya juga menghasilkan output yang nyaris sama.

 

Spesifikasi Redmi 9T
Prosesor Qualcomm Snapdragon 662
GPU Adreno 610
OS Android 10 / MIUI 12
RAM 4GB / 6GB
Memori Internal 64GB / 128GB
Kamera Belakang 48MP+8MP+2MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 6.000 mAh + fast charge 18W
Layar 6,53 inci FHD Plus
Harga Rp1.999.000 (4GB+64GB)
Rp2.399.000 (6GB+128GB)

 

Continue Reading

Teknologi

Xiaomi Mi 11 dengan Snapdragon 888

Handphone Xiaomi selalu punya value produk yang sangat tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan produk handphone dari brand-brand di luar Cina. Semua orang pasti suka kalau dapet handphone dengan spesifikasi dan value yang tinggi, namun dengan harga jauh di bawah merk lainnya.

Raksasa teknologi Xiaomi kembali meluncurkan produk handphone Flagship di tahun 2021 ini, yaitu Mi 11 atau yang sering disebut dengan Mi Eleven.

Disclaimer : Saat ini Mi 11 belum tersedia secara resmi di Indonesia, namun diprediksi dalam waktu dekat (2-4 bulan) akan segera rilis di Indonesia.

Saat ini Xiaomi 11 baru tersedia versi globalnya yang dipatok di harga 4,699 yuan ( 10,2 juta Rupiah) jika kamu membelinya langsung di Cina, dan dijual dengan harga €749 euro (12,7 juta Rupiah) jika kamu membelinya di Eropa.

Harga yang terlihat fantastis untuk sebuah produk Xiaomi, namun jika dibandingkan dengan handphone flagship premium lainnya seperti Samsung Galaxy S21 Ultra dan iPhone 11 Pro Max yang masih mematok harga 20 Jutaan, Xiaomi 11 tentu saja memiliki harga yang jauh lebih murah dengan kualitas dan spesifikasi yang mendekati keduanya.

Tanpa berlama lagi, mari kita lihat detail spesifikasinya :

Design dan Hardware

Di tahun 2021 ini, ada 3 aspek penting untuk sebuah handphone dapat menyandang status “Flagship” yaitu :

  • layar Quad HD OLED dengan refresh rate 120Hz
  • Kamera canggih dengan sensor besar dan resolusi maksimal
  • Chipset “dewa” seperti Snapdragon 888

Ketiganya dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Ultra, dan begitu juga dengan Mi 11.

Bodi yang elegan dan mewah dari Mi 11

Layar sebesar 6.8 Inci yang dimiliki Mi 11 adalah layar terbaik kedua di industri smartphone saat ini. Memiliki resolusi Quad HD (3,200 x 1,440) dengan refresh rate 120Hz, membuat layar Mi 11 memiliki kualitas resolusi yang jauh diatas iPhone 12, dan hanya tertinggal sedikit di bawah Samsung S21 Ultra yang memiliki fitur variable refresh rate untuk menghemat baterai.

 Teknologi triple-camera  dengan kamera utama 108 megapixel, 1/1.33 inci sensor,  lalu kamera ultrawide 13 MP, dan kamera Makro 5 Mp menghasilkan kualitas gambar dan video dengan resolusi yang sangat tinggi.

Hasil foto menggunakan kamera Mi 11 – Credit : Ben Sin

Baterai dan Performa

Kombinasi RAM 8 GB dan Snapdragon 888 membuat Mi 11 menjadi salah satu smartphone terkuat di pasar saat ini, dengan tingkat performa yang nyaris tidak ada keluhan.

Kapasitas baterai yang besar membuat Mi 11 dapat bertahan hingga 10-12 jam meskipun dipakai dengan refresh rate maksimal (120Hz). Mi 11 juga memiliki opsi untuk menurunkan resolusi ke 1080p yang membuat baterainya dapat bertahan hingga 15 jam waktu pemakaian.

Memiliki kamera dengan 108 megapixel, membuat kualitas foto jepretan Mi 11 tampak sangat tajam dan berkualitas. Kamera Mi 11 telah dilengkapi dengan fitur otomatis untuk menemukan balance/exposure terbaik di berbagai kondisi pencahayaan, bahkan saat dalam posisi backlight.

Hasil Kamera Mi 11

Hasil jepretan Kamera Mi 11

Pada situasi kurang cahaya (lowlight), kamera Mi 11 terbukti tetap menampilkan kualitas foto yang tidak kalah dengan handphone flagship lainnya.

Salah satu kelemahan dari kameranya adalah kurangnya fitur Zoom lens, yang terobati dengan berbagai trik kamera yang ada di aplikasi kameranya. Salah satu contohnya adalah fitur “clone” yang dapat dipakai untuk menghasilkan close shot.

Fitur “clone”

Kesimpulan

Performa, fitur, dan kamera Mi 11 layak disebut sebagai “Flagship” yang sanggup bersaing dengan handphone premium lainnya seperti iPhone 12 ataupun Samsung Galaxy s21 Ultra. Dengan harga yang jauh lebih murah, Mi 11 akan menjadi sebuah gebrakan di dunia smartphone di tahun 2021.

Ini dia spesifikasi lengkapnya :

Network Teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Display Tipe AMOLED, 1B colors, 120Hz, HDR10+, 1500 nits (peak)
Ukuran 6.81 inches, 112.0 cm2 (~91.4% screen-to-body ratio)
Resolusi 1440 x 3200 pixels, 20:9 ratio (~515 ppi density)
Proteksi Corning Gorilla Glass Victus
Body Dimensi 164.3 x 74.6 x 8.1 mm (Glass) / 8.6 mm (Leather)
Berat 196 g (Glass) / 194 g (Leather) (6.84 oz)
Bahan Glass front (Gorilla Glass Victus), glass back (Gorilla Glass 5) or eco leather back, aluminum frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dapur Pacu OS Android 11, MIUI 12
Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680
GPU Adreno 660
Memori Card slot No
Internal 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM
UFS 3.1
Kamera Utama Triple 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, OIS
13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide), 1/3.06″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.12µm
Fitur Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video 8K@24/30fps, 4K@30/60fps, 1080p@30/60/120/240fps; gyro-EIS, HDR10+
Kamera Depan Single 20 MP, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Fitur HDR
Video 1080p@30/60fps, 720p@120fps
Suara Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack No
24-bit/192kHz audio
Konektivitas WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
GPS Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, NavIC
NFC Yes
Infrared port Yes
Radio No
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Fitur Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai Tipe Li-Po 4600 mAh, non-removable
Charging Fast charging 55W, 100% in 45 min (advertised)
Fast wireless charging 50W, 100% in 53 min (advertised)
Reverse wireless charging 10W
Power Delivery 3.0
Quick Charge 4+
Variasi Warna Horizon Blue, Cloud White, Midnight Gray, Special Edition Blue, Gold, Violet
Continue Reading

Teknologi

Awas Salah Beli! Ini 9 Tips Membeli iPhone Bekas

Indonesiaone.org – Meskipun sudah banyak handphone android yang canggih dan murah, tapi iPhone tetap tidak tergantikan di hati sebagian orang. Fiturnya yang kece dan user friendly, kameranya yang sangat kekinian selalu menjadi daya tarik tersendiri dari iPhone.

Hanya saja, harganya yang relatif mahal, kadang membuat kita hanya bisa gigit jari mendambakan iPhone impian kita. Itulah mengapa banyak orang memilih opsi untuk membeli Hp iPhone bekas sebagai solusinya. Tapi, kamu harus extra hati-hati dalam membeli iPhone bekas, karena tampilan yang mulus saja tidak menjamin kalau kondisi iPhone tersebut masih oke dan terawat.

Nah, supaya kamu tetap untung dan tidak buntung, ini dia beberapa tips memilih iPhone bekas, UPDATE 2021 :

1. Rekomendasi tipe iPhone (pilih jangan yang terlalu jadul).

Tips pertama, jangan pilih tipe iPhone yang sudah terlalu jadul, karena hanya dalam waktu sebentar saja handphone yang kamu beli pasti akan ketinggalan jaman, dan bahkan tidak bisa diupdate ke iOS terbaru.

iPhone second yang layak dipakai di 2021 setidaknya dapat diupdate softwarenya hingga iOS 13.4

Indonesiaone merekomendasikan tipe iPhone 6s sebagai pilihanmu, jika kamu ingin menggunakan iPhone second sebagai smartphone utamamu.

Di marketplace, iPhone 6s masih bisa kamu dapatkan di harga 1,8 jutaan (16GB) hingga 2,4 jutaan (128GB).

2. Beli iPhone yang Masih Garansi.

Jika kamu berniat membeli secara online, carilah iPhone yang masih bergaransi resmi. Biasanya memang harganya lebih mahal, tapi keamanannya terjamin.

Jika kamu mendapatkan barang yang sudah habis masa garansi, cari yang garansinya belum lama habis dan jangan yang sudah digunakan 2-3 tahun.

Harus kamu ketahui bahwa tidak ada istilah garansi internasional untuk iPhone, yang benar adalah garansi regional. Artinya iPhone hanya bisa klaim garansi di negara iPhone tersebut dikeluarkan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat di dus belakang kiri bawah. Contoh kode negara untuk iPhone:

Kode iPhone Negara (Regional)
MY/A Malaysia
LL/A Amerika
X/A Australia
ZP/A Singapura, Hong Kong
PA/A Indonesia

 

3. Cek kelengkapan dan tanya nomor IMEI.

Kalau kamu sudah ketemu tipe yang kamu incar, dan kamu sudah pastikan bergaransi, step ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah cek kelengkapan produk :

  • Kelengkapan perangkat ( pastikan komplit dan masih original – karena harga perangkat original iPhone dengan “KW” nya sangatlah jauh berbeda)
  • Cek deskripsi produk (pastikan spesifikasi sesuai dengan produk yang ada)

Sebelum deal untuk membeli, mintalah nomor IMEI dari iPhone tersebut.

Kamu bisa melihat nomor IMEI di setting>general>about dan kamu bisa mengeceknya di website Apple. klik di sini.

Apa gunanya kamu tahu IMEI iPhone tersebut ? Agar kamu bisa mencocokannya dengan nomor yang tertera di dus, sehingga penjual nggak bisa bohong dan memberimu barang yang palsu.

tips beli iphone bekas 9

Pastikan kamu bertransaksi dengan sistem Cash on Delivery (COD), jangan bayar di muka, agar kamu terhindar dari penipuan.

4. Ketahui Perbedaan iPhone.

Kamu juga harus paham perbedaan jenis iPhone, jangan sampai mendapatkan barang yang salah. Jangan sampai kamu diberi iPhone 6 padahal kamu membeli iPhone 6s.

Dari segi desain, perbedaan iPhone 6 dan 6s akan sangat sulit dibedakan. Desain fisik yang ada pada iPhone 6 dan iphone 6s sama-sama memiliki bentuk yang stylish dan berkelas.

Namun, perbedaan iPhone 6 dan 6s bisa dirasakan saat menggenggamnya. iPhone 6 hadir dengan ukuran 138.1 x 67 mm dengan ketebalan 9.7 mm dan berat 129 gram. Sementara iPhone 6s memiliki dimensi 138.3 x 67.1 dengan ketebalan 7,1 mm dan berat 143 gram.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s dari tampilan luarnya bisa dilihat pada casing bagian belakangnya. Jika diperhatikan dengan seksama terdapat perbedaan tulisan di bagian belakangnya. Pada iphone 6 tertulis iPhone. Sementara pada iPhone 6s terdapat tulisan iPhone S dengan tambahan huruf s dengan kotak kecil.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s lainnya terdapat pada varian warna yang diluncurkan. Pilihan warna iPhone 6 ada tiga, yakni Space Grey, silver dan gold. Sementara iPhone 6s hadir dengan warna space grey, silver, gold dan Rose gold.

5. Cek Kondisi saat Handphone sudah di tangan.

Ketika handphone sudah sampai di tanganmu, jangan buru-buru membayarnya. 

Jangan lupa untuk cek kondisi fisik iPhone secara teliti dan pastikan semuanya sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual :

  • Cek jaringan selular dan internet, : masukkan SIM card dan cobalah test jaringan selulernya, lalu hubungkan ke jaringan WiFi. Kamu juga bisa cek konektivitas lain seperti Bluettoth dan GPS.
  • Periksa tombol Home, cek responsivitasnya dan pastikan masih empuk dan berjalan dengan baik tanpa ada sesuatu yang aneh. Pasalnya komponen yang satu ini terkenal cepat rusak.
  • Periksa tombol Power, pastikan masih dalam keadaan normal dan berfungsi maksimal.
  • Pastikan earphone berfungsi karena kelengkapan dan keaslian perangkat sangat penting untuk  meningkatkan harga jual jika di kemudian hari kamu ingin menjual handphonenya.
  • Cek charger dan kabel lighting berfungsi, pastikan berfungsi dan tidak longgar. Mengingat jenis USB yang digunakan khusus, bukan microUSB seperti yang ada dibanyak smartphone Android. Tentunya akan sangat merepotkan bila charge asli iPhone rusak, harga charge iPhone juga tergolong mahal untuk yang asli.
  • Cek jack audio, pastikan suara yang dihasilkan tidak tersendat-sendat.
  • Tes speaker dan earpiece, coba gunakan untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon untuk memastikan suara tetap jernih dan tidak pecah. Jika suara terasa pecah, bisa jadi telah terkena air atau kerendam.
  • Cek kesehatan baterai, caranya buka menu Setting > General > Usage > Battery Usage.
  • Periksa responsivitas layar secara keseluruhan, pastikan fungsi layar sentuh (touchscreen) semua berjalan. Dari atas bawah, kanan kiri hingga sudut-sudut layar. Coba pula sensor rotasinya (Accelerometer), apakah berjalan dengan baik.
  • Cek ambient light sensor. Sensor ini akan meredupkan layar iPhone ketika berada di kegelapan. Cara mengeceknya, tutup bagian 1/3 layar atas dengan tangan atau alat bantu lain. Kemudian tekan tombol sleep dan hidupkan kembali dengan menekan tombol sleep (dengan keadaan 1/3 layar masih ditutup). Seharusnya layar akan lebih redup dari sebelumnya.
  • Cek kamera, coba kamu utak-atik kameranya dan ambil foto dengan Flash atau tanpa Flash serta lihat hasilnya.

6. Cek Kondisi software

Nah ini juga tidak kalah pentingnya, Cek iCloud dan reset di tempat.

Untuk mengecek iCloud masih aktif atau tidak, kamu bisa cek melalui Setting > iCloud dan pastikan sudah kosong. Begitu juga fitur Find My iPhone, fitur ini memungkinkan iPhone dapat dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, pastikan untuk Find My iPhone dimatikan dan hapus account.

iPhone juga akan selalu meminta password di setiap aktivitas penting, seperti menginstal aplikasi dan lainnya. Jadi, langsung reset di tempat, masuk ke setting>iCloud>Find My iPhone dan matikan.

Kemudian hapus semua konten di Setting>General>Reset>Erase All Content and Setting.

7. Perhatikan iPhone SU dan iPhone FU

Sebagai informasi tambahan saat kamu beli iPhone bekas, kamu juga wajib mengetahui perbedaan dari istilah iPhone SU dan iPhone FU.

iPhone SU atau Software Unlock merupakan jenis iPhone yang sudah di-unlock menggunakan software dari sebelumnya yang hanya bisa menggunakan satu kartu provider saja.

Dengan proses unlock, kamu pada akhirnya bisa menggunakan kartu provider lain. Walaupun cara ini perlu jailbreak yang bakal mengubah fungsi iPhone itu sendiri.

Sementara iPhone FU atau Factory Unlock adalah jenis iPhone yang tidak dikunci dari pabrik, sehinga dapat menggunakan berbagai jenis kartu provider di seluruh dunia.

Maka dari itu, saat membeli iPhone bekas, pastikan kamu membeli iPhone dengan jenis FU atau Factory Unlock, untuk menghindari kecurangan dari si penjual

8. Waspada barang refurbish

Ingat sekali lagi, bahwa tidak ada iPhone garansi internasional, melainkan garansi regional yang bisa diklaim di negara tempat iPhone tersebut dirilis.

Barang refurbish adalah produk yang dikembalikan konsumen karena punya kerusakan kecil. Pabrikan akan memperbaiki kerusakan dan menjualnya lagi dengan harga murah dan bergaransi resmi.

iPhone Refurbished yang dikeluarkan Apple terjamin keasliannya karena sudah tersertifikasi oleh Apple, meskipun merupakan barang bekas. Namun terkadang ada beberapa pihak selain Apple yang juga melakukan ‘refurbished‘ pada iPhone. Mereka biasanya merupakan pihak ketiga seperti distributor

Ciri-ciri barang refurbish abal-abal, biasanya penjual akan mengatakan bahwa iPhone tersebut

  • bergaransi internasional
  • harga sangat miring
  • beberapa komponen kecil yang hilang (seperti tulisan, dan detail-detail kecil lainnya)

Meskipun tidak semua handphone refurbish dari distributor memiliki kualitas yang buruk, tapi rata-rata produk iPhone tersebut nggak awet, sinyalnya lemah, bahkan tidak bisa di update versi iOS terbaru.

Karena itu pastikan, kamu membeli iPhone bekas dari sumber yang terpercaya, seperti dari penjual tangan pertama, atau melalui Apple Premium Reseller, seperti iBox.

9. Cek Ulang melalui Aplikasi

Aduh, ribet banget sihh.., udah cek sana-sini, harus cek ulang lagi pakai aplikasi..

Memang langkah terakhir ini lebih ribet dari yang sebelumnya, karena kamu harus memiliki laptop untuk cek ulang iPhone tersebut saat melakukan COD, tapi jika kamu ingin mendapatkan iPhone second dengan kualitas terbaik, kami sarankan kamu tetap melakukan langkah ini.

3uTools adalah aplikasi untuk cek iPhone bekas. Kamu hanya tinggal menghubungkan iPhone ke laptop dengan kabel lighting (usahakan original). Buka aplikasi 3uTools hingga iPhone kamu ditampilkan dan klik tombol View Verification Report.

Kamu akan diperlihatkan status iPhone tersebut, jika statusnya berwarna hijau artinya masih original, sementara jika status berwarna merah berarti sudah pernah dibongkar atau diganti.

Perhatikan juga Testing Score yang ada di bagian bawah. Jika Skornya antara 90 hingga 100, artinya kamu mendapatkan iPhone bekas dengan kondisi yang masih sangat baik.

Nah, kalau kamu sudah dengan teliti mengecek semuanya, mulai dari garansi, cek fisik, hingga software, kamu bisa langsung deal dan silahkan menikmati iPhone barumu…

 

Continue Reading

Trending!!