Inilah Bedanya Orang Aktif dan Pasif

Aktif Pasif

IndonesiaOne.org – Pada era yang sangat modern ini, persaingan untuk menjadi yang terbaik dan menghasilkan karya yang berdaya guna sangatlah ketat. Jika kita tidak mampu, maka kita akan tersisih. Itulah kejamnya dunia. Tapi bukan berarti kita harus takut menghadapi realita kehidupan, sebab selama kita mau aktif bukan pasif, maka kita pasti akan mencapai puncak kesuksesan. Keaktifan kita untuk belajar, berani mencoba hal – hal baru, dan terus berkarya untuk kepentingan orang banyak, dan juga untuk kemajuan suatu bangsa dan negara, sesungguhnya adalah karakteristik dari Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Ya, ‘orang aktif’ adalah sumber daya manusia yang dibutuhkan atas suatu bangsa.

Berikut ini adalah ciri – ciri dari orang aktif dan pasif :

  1. Orang aktif menggunakan internet untuk mengekspresikan diri dan belajar sesuatu untuk membuat dirinya lebih berdaya guna bagi banyak orang. Sedangkan orang pasif hanya membiarkan dirinya menonton TV berjam – jam tanpa berbuat sesuatu yang berguna.
  1. Orang aktif membuat strategi untuk perencanaan hidup dan bekerja untuk menyelesaikan tujuan mereka. Sedangkan orang pasif hanya berdiam diri dan berharap ada “keajaiban” terjadi.
  1. Orang aktif menghabiskan waktu hidupnya untuk mengembangkan diri dan mengejar tujuan hidup mereka demi menjadi solusi atas suatu permasalahan dan kemajuan hidup banyak orang. Sedangkan orang pasif akan berdiam diri saat merasa usia sudah tua.
  1. Orang aktif tidak menunggu kesempatan tetapi menciptakan kesempatan itu. Orang pasif menunggu mendapatkan kesempatan.
  1. Orang aktif membuat blog, memberikan pendapatnya dan membawa pengaruh serta menggiring orang kedalam pemikiran tertentu dengan berita – berita yang ada. Sedangkan orang pasif hanya mengonsumsi berita belaka.
  1. Orang aktif menganalisa semua pilihan sebelum mengambil keputusan. Orang pasif mengambil jalan apapun yang paling mudah.
  1. Orang aktif adalah para seniman, penulis, pembangun, pembawa pengaruh, pembuat tren dan pembuat keputusan. Orang pasif hanya menjadi sekadarnya.
  1. Orang aktif berpartisipasi, bertindak, memberikan pertolongan dan membuat dunia mereka menjadi lebih baik. Orang pasif hanya mengeluh.
  1. Orang aktif membuat suatu karya. Sedangkan orang pasif hanya sibuk memberikan kritik yang negatif.
  1. Orang aktif suka membaca dan memiliki kehausan akan pengetahuan. Orang pasif tidak suka membaca buku lagi sejak di bangku kuliah.
  1. Orang aktif menjagai semangat untuk terus berkobar setiap hari. Sedangkan orang pasif membiarkan semangatnya patah oleh karena situasi keadaan sekitar.
  1. Orang aktif menghabiskan akhir pekan untuk mengejar impian, hobi, dan menginspirasi orang lain. Orang pasif menghabiskan waktunya berleha-leha di atas sofa.

Jadilah orang aktif maka anda akan menjadi orang yang berdaya guna dan mencapai puncak potensi anda!

Sumber : thefuturebuzz

Penterjemah : Siska Srilanti
Editor : Gie