Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Ingin Sukses Perhatikan Proses

Ingin Sukses Perhatikan Proses

Di zaman yang “SERBA INSTAN” ini, kesadaran orang tentang pentingnya sebuah proses mulai terkikis hari demi hari, terutama bagi para generasi muda. Kecenderungan orang muda menginginkan jalan hidup yang mudah, praktis, dan jalan pintas.

Padahal secara natural seorang manusia bertumbuh setahap demi setahap. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga ia dewasa. Tidak ada yang instan.

Manusia sejak awal telah diperlengkapi oleh kemampuan “belajar dari proses”. Seorang bayi yang berlatih untuk berjalan, pasti pernah terjatuh dalam prosesnya belajar berjalan. Uniknya, seorang manusia juga sejak awal sudah dibekali oleh semangat pantang menyerah dan belajar dari suatu proses. Rasa sakit saat jatuh, tidak menyurutkan semangat dari para bayi untuk terus belajar berjalan.

Sayangnya, dalam kurikulum belajar saat ini para siswa seringkali difokuskan hanya untuk “Bagaimana cara meraih nilai yang bagus” tapi tidak memahami “apa gunanya saya mempelajari hal ini” untuk kehidupannya kelak ke depan.

Masa bodoh dengan proses, yang penting tujuan tercapai..

Tidak heran, banyak siswa yang mengambil jalan pintas mencontek, menyalin PR teman, membeli kunci jawaban hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus. Mereka tidak tahu, bahwa manfaat yang sebenarnya untuk hidup mereka bukanlah nilai itu sendiri, tetapi bagaimana Proses Mendapatkannya.

Hal ini berlaku dalam aspek lainnya..,

Ingin cepat kaya, jalan pintas korupsi. Mau tubuh yang langsing, tapi malas olahraga, minum pil pelangsing. Ingin menang tender mudah, dengan cara menyuap, dan sebagainya.

Seseorang yang mencapai puncak dengan jalan pintas, cara licik, ataupun kebohongan akan mendapati keberhasilan yang semu. Mereka tidak akan dapat bertahan di puncak dalam jangka waktu yang lama dan akan segera terjatuh.

Ingatlah prinsip ini : “Suatu hal yang berharga dan istimewa tidak didapatkan dengan mudah.” Sesuatu yang berharga haruslah dibayar dengan harga yang mahal, usaha yang serius, atau cara-cara yang tidak biasa.

Orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang soleh, tentu harus mengajarkan, memberi teladan, dan memberikan waktu yang terbaik untuk anak-anaknya.Seorang pengusaha yang ingin usahanya sukses, tentu harus terus belajar, berinovasi, dan mengembangkan jaringan agar usahanya semakin berhasil.

Mengajari anak dengan tekun meskipun lelah setelah bekerja, jualan tidak laku, jatuh bangun berbisnis, ada pengorbanan dan jerih lelah yang harus dibayar menuju kesana. Tapi itulah indahnya sebuah proses. Jika semua yang kita inginkan dapat dengan mudah kita capai, tentunya hidup ini akan kehilangan “gregetnya”.

Tips dari Indonesiaone :

  1. Buatlah sebuah target waktu tentang visi besar yang akan di capai ke depan.
  2. Pecah visi besar tersebut menjadi “goal-goal” kecil. Bisa goal bulanan ataupun mingguan.
  3. Rinci goal-goal tersebut dengan langkah step-by-step yang dapat mulai kita kerjakan.
  4. Kuncinya adalah Usaha, Hati yang ikhlas dan berdoa.

Setahap demi setahap, selangkah demi selangkah. Walaupun lama, itulah nikmatnya sebuah proses.

Akan tiba waktunya, kita telah layak untuk sampai di tujuan, untuk mencicipi indahnya dan nikmatnya keberhasilan yang kita raih.

Check Also

8 Manfaat Mencoba Hal Baru

Mencoba hal-hal yang baru bisa saja menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kita. Selama ini kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *