Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Ini dia 3 Manfaat Membaca yang Dapat Mengubahkan Hidupmu

Ini dia 3 Manfaat Membaca yang Dapat Mengubahkan Hidupmu

Sobat Indonesiaone, apakah menurutmu membaca itu penting ?

Setelah akhir-akhir ini melekat julukan “generasi micin” pada generasi muda kita, sekarang kita justru disebut-sebut sebagai “generasi nol buku” loh…

Rendahnya minat baca di Indonesia, merupakan suatu fenomena yang harus ditanggulangi bersama.

Dalam suatu studi yang mengambil sample 61 negara maju dan berkembang, Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Bayangkan saja rata-rata pelajar sekolah menengah atas di Singapura dan Thailand membaca 5-7 buku dalam tiga tahun, di negara-negara Eropa dan Amerika hingga 32 buku, namun di Indonesia nol buku dalam tiga tahun.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa Indonesia berada di peringkat bawah dalam hal minat membaca :

  1. Fasilitas yang tidak memadai dari pemerintah.
  2. Lingkungan sekitar yang tidak mendukung.
  3. Kurang nya antusiasme membaca dari Masyarakat.

Padahal, membaca memiliki MANFAAT YANG LUAR BIASA dan bahkan mengubahkan hidup seseorang. Berikut ini adalah 3 alasannya :

1. Buku menantang kita menigkatkan kemampuan kita.

Salah satu kisah sukses yang mengalami manfaat besar dari membaca adalah Thomas Alva Edison. Sosok penemu besar yang mengubahkan peradaban dunia ini dikeluarkan dari sekolah saat berumur 7 tahun dan sering dicap sebagai anak yang idiot.

Fasilitas yang tidak memadai tidak membuat Edison menyerah. Rasa ingin tahunya yang tinggi mendorongnya untuk mengumpulkan berbagai buku bekas yang ia temukan di tumpukan barang bekas di dekat tempat sampah. Kehausannya untuk mendapatkan pengetahuan baru membuat minat membacanya semakin tinggi, dan semakin banyak ia membaca, ia mendapatkan banyak wawasan baru dan pikirannya semakin berkembang.

Buku adalah jendela dunia. Melalui buku, kita dapat mengetahui dan melihat berbagai tempat, ide, dan gagasan dari berbagai penjuru dunia tanpa harus secara langsung pergi kesana. Kita dapat “menengok” melalui jendela buku yang ada dan seakan-akan sudah pernah pergi ke suatu tempat atau mengobrol dan memahami ide dan gagasan yang disampaikan oleh sang penulis buku.

“Buku itu menantang” Edison menyadari hal itu, dan ia merasa tertantang untuk membuktikan berbagai ide yang ada dalam buku-buku yang ia baca dan membuatnya menjadi nyata lewat eksperimen yang ia lakukan.

Jadi sobat indonesiaone, jika kita ingin untuk terus naik level,kita harus memiliki skill dan kemampuan yang terus berkembang dan bahkan dapat diwariskan. Kita dapat menyerap inti ilmu yang menjadi kunci penting dalam buku yang kita baca, dan menerapkannya secara langsung ke dalam kehidupan kita.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsenstrasi.

Kita akan memiliki dampak dan pengaruh yang lebih besar, bahkan menciptakan warisan bagi banyak orang.

Sobat Indonesiaone, kita tentunya ingin menjadi orang yang berguna, perpengaruh dan berdampak bagi kehidupan banyak orang, dan untuk mencapai hal itu kita membutuhkan fokus dan konsentrasi yang besar. Salah satu masyarakat yang sangat terkenal dengan disiplin, fokus dan konsentrasinya adalah masyarakat Jepang. Tidak heran negara Jepang menjadi salah satu negara besar dan berpengaruh di dunia. Di balik kejayaan negara Jepang, ada budaya orang jepang yang patut kita tiru dan asah dalam diri kita.

Orang Jepang sangatlah suka membaca, dan dilakukan baik saat duduk maupun berdiri. Tingginya minat baca pada masyarakat Jepang juga sudah dipupuk sejak mereka masih kecil.

Pemerintahan Jepang sangat serius dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakatnya. Salah satu strategi yang dijalankan adalah banyaknya penerbit yang membuat manga (buku komik) untuk materi kurikulum sekolah di seluruh jenjang. Mulai dari pelajaran Biologi, Bahasa, Sejarah, dan sebagainya, seluruhnya ditampilkan semenarik mungkin agar minat membaca meningkat.

Orang Jepang betul-betul memahami bahwa :  “Buku adalah jendela peradaban dan kunci perubahan dunia” 

3. Kemampuan Analisis yang Kuat

Finlandia adalah negara paling literat (terpelajar) di dunia. Finlandia dikenal memiliki keunggulan di bidang pendidikan, ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup dan pengembangan manusia. Negara ini sangat memperhatikan masyarakatnya untuk mengembangkan minat baca. Terbukti pada fasilitas yang memadai bagi masyarakatnya, yaitu :

  • Maternity package (paket perkembangan anak) yang disediakan oleh pemerintah bagi orangtua yang baru memiliki anak.
  • Perpustakaan yang tersebar dimana-mana. Di Finlandia, buku bacaan anak diterbitkan lebih banyak dibandingkan buku-buku lainnya.
  • Budaya membaca yang diwariskan turun temurun. Pasca jam sekolah, anak-anak wajib membaca 1 buku per minggu.
  • Tradisi mendongengkan buku cerita sebelum tidur oleh orangtua.
  • Acara dan film berbahasa asing tidak dialihsuarakan, namun diberi subtitles (teks terjemahan).

Hal ini membuat minat baca di Finlandia sangatlah tinggi, dan terbukti hasilnya masyarakat Finlandia memiliki pemikiran yang kritis dan analitis. Para siswa dan siswi di sekolah tidak hanya menghafal pelajaran saja, tetapi juga mampu berpikir kritis, memahami setiap ide dan gagasan di balik ilmu yang mereka terima.

 

Penulis : Ashley

Check Also

Membedakan Pengakuan Terpaksa dan Pengakuan Tulus

IndonesiaOne.org – Mengakui suatu kebohongan merupakan tindakan terpuji yang perlu diapresiasi. Tapi ternyata, mengakui kebohongan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *