Inilah Alasan Masyarakat Lebih Pilih Angkutan Berbasis Aplikasi Online


IndonesiaOne.org -Jika masyarakat disuruh memilih antara angkutan konvensional dengan online, maka tentu saja pengguna angkutan umum akan memilih layanan online. Tidak hanya murah, tapi juga aman. Sebab penumpang bisa menunggu dimanapun untuk dijemput ditempatnya dan diantar sampai tujuan. Berbeda dengan angkutan umum lainnya. Kita harus menunggu disatu tempat dan berdesak – desakkan. Belum lagi jika harus ‘ngetem’ menunggu penumpang penuh di dalam mobil. Dan yang lebih mengerikan jika dalam angkutan tersebut ada copet dan orang – orang yang berniat melecehkan. Apalagi jika sang supir mengendarai mobil dengan cara ugal – ugalan. Awalnya ingin cepat sampai tujuan, justru terkena banyak musibah dijalan.

Hal tersebutlah yang ingin dihindari oleh kebanyakan masyarakat. Tidak heran jika akhirnya ojek online dan taxi online mulai mendominasi jalanan kota – kota. Keberadaan Go Jek dan aplikasi sejenisnya tentunya haruslah menantang angkutan konvensional untuk alami perubahan. Zaman yang cepat berubah tidak bisa diimbangi dengan cara – cara yang lama, apalagi jika karakter berkendara yang tidak berubah. Seperti sopir yang ugal – ugalan dan juga merokok. Walaupun akan diterapkan batas tarif atas dan juga bawah, hal itu tidak akan mengubahkan pilihan masyarakat terhadap angkutan berbasis aplikasi.

Jadi yang perlu dilakukan adalah perbaikan karakter dan fasilitas. Seandainya supir angkut memiliki karakter yang bagus dan kendaraan yang bersih juga aman, tidaklah tertutup kemungkinan keberadaan angkutan umum konvensional masih dapat bersaing. Walapun tidak jaminan untuk beberapa tahun kedepan. Karena mau tidak mau, teknologi yang berkembang juga akan merubah peradaban transportasi. Tapi inilah tantangannya. Jika mau dihadapi, maka kreativitas pasti akan muncul. Luangkan saja waktu untuk berpikir dan mencari ide daripada berkelahi dan menentang kemajuan zaman.

Berikut ini adalah beberapa alasan masyarakat menggunakan angkutan berbasis aplikasi :

  1. Dijemput di tempat dan diantar sampai tujuan
  2. Lebih privacy
  3. Cepat sampai tujuan
  4. Tarif lebih murah (relatif dari jarak, jauh/dekat)
  5. Relatif lebih aman dari tindak kejahatan

Tapi bukan berarti angkutan konvensional tidak mempunyai kelebihan, diantara lain adalah :

  1. Bisa jadi wadah bersosialisasi dengan masyarakat lainnya
  2. Bisa melatih kesabaran

Pilihan tentunya tetap ada ditangan masyarakat, sedangkan kebijakan aturan ada ditangan pemerintah. Masyarakat hanya berharap adanya angkutan umum yang cepat, aman, juga nyaman.

+ There are no comments

Add yours