Inilah Bedanya Orang Yang Berprinsip Teguh dan Orang Yang Keras Kepala !!!


IndonesiaOne.org – Terkadang orang sulit membedakan mana orang yang memiliki prinsip atau keyakinan yang teguh (strong conviction) dengan orang yang memang tabiatnya keras kepala.

Steven Agustinus seorang Potential Explorer dan Motivator handal menjelaskan ada 5 perbedaan yang mencolok antara orang yang memiliki keyakinan teguh dengan orang yang keras kepala :

Perbedaan Pertama

Bagi kamu yang memiliki strong conviction atau keyakinan yang teguh maka kamu akan selalu membangun hidupmu di atas dasar prinsip kebenaran yang hakiki atau mutlak sifatnya. Dan sangat menjunjung nilai-nilai yang luhur seperti kejujuran, kebenaran, kesucian dsb. Kamu pun tidak pernah merasa malu untuk menunjukkan prinsip itu kepada orang-orang yang ada di sekitarmu. Bahkan kepada orang yang pada dasarnya tidak suka dan menentang prinsip kebenaran itu.

Sedangkan sifat keras kepala selalu di dasari dari pertimbangan dan pemikiran yang kamu anggap benar meski itu bertentangan dengan prinsip nilai kebenaran. Seperti contoh, kamu akan menganggap ‘free sex’ itu lumrah di kalangan anak muda. Kamu beranggapan bahwa hal itu benar karena aktivitas seksual ini sudah biasa dan sewajarnya dilakukan anak muda sebagai bentuk saling menyukai. Tapi jika bertanya, “apakah free sex itu boleh ??” jawabannya sudah pasti sangat tidak boleh.

berprinsip-versus-keras-kepala-1

Perbedaan Kedua

Keyakinan teguh akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki hati yang lemah lembut, mudah diajar dan mudah berubah. Kamu terbuka dengan setiap koreksian yang diberikan oleh orang-orang yang ada di sekitarmu. Kamu pun tidak pernah merasa tinggi hati tapi tetap mau belajar dari siapapun meski memang kamu tahu bahwa kamu memiliki kemampuan yang lebih dari yang lain.

Sedangkan sifat keras kepala akan menjadikanmu sebagai pribadi yang memiliki hati yang keras dan tidak mudah menerima setiap koreksian. Karena kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan itu benar bagimu. Padahal mungkin orang yang sedang memberi nasehat padamu sudah mengetahui bahwa apa yang kamu lakukan itu salah dan pada akhirnya merugikan dirimu sendiri.

berprinsip-versus-keras-kepala-2

Jadilah KUAT saat engkau lemah, dan jadilah Rendah Hati saat engkau sukses.

Perbedaan Ketiga

Keyakinan teguh akan membuat dirimu menjadi tidak sombong karena cita-cita ataupun tujuan hidup yang kamu miliki. Melainkan dengan rendah hati melihat posisi atau keberadaan orang lain juga sebagai hal yang baik dan tidak menganggap sesuatu yang lebih rendah di bawahmu. Namun kamu cenderung untuk terus membandingkan apa yang sudah kamu lakukan dengan tujuan hidupmu yang mulia yang telah Tuhan tetapkan bagimu. Sehingga kamu akan terus menciptakan energi yang positif, tidak hanya untuk dirimu namun juga kepada orang-orang yang ada di dekatmu.

Sedangkan sifat keras kepala akan selalu membuatmu terus membandingkan dirimu dengan orang-orang lain yang ada di bawahmu. Kamu cenderung mudah berpuas diri dan suka merendahkan serta menghakimi orang lain. Kamu juga memiliki emosi yang tidak stabil dan tanpa disadari sering mengeluarkan energi negatif kepada dirimu sendiri serta orang yang ada di sekitarmu.

Perbedaan Keempat

Keyakinan teguh akan menjadikanmu pribadi yang menginspirasi dan membangun banyak orang. Akan ada banyak kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadamu. Karena integritas sudah mulai terbangun kuat dalam dirimu.

Sedangkan sifat keras kepala menjadikanmu sebagai  seseorang yang susah dipercayai oleh orang banyak. Sehingga kamu sering berusaha untuk mencari perkenanan, pengakuan dan penerimaan dari orang banyak. Namun sayangnya sebuah kepercayaan itu tidak bisa dibangun dengan waktu yang singkat. Dibutuhkan kurun waktu yang tidak bisa ditentukan, pengorbanan dsb untuk membangun kepercayaan dan integritas dalam dirimu.

berprinsip-versus-keras-kepala-5a

Perbedaan Kelima

Keyakinan teguh akan menjadikanmu sebagai pribadi yang mau dan senang untuk dipimpin oleh pemimpinmu yang ada di atasmu. Karena untuk menjadi seorang pemimpin yang baik maka kamu harus menjadi orang yang mau dipimpin dan diarahkan oleh orang yang ada di atasmu.

berprinsip-versus-keras-kepala-5b-1024x640

Sedangkan sifat keras kepala akan menjadikanmu seseorang yang individual dan merasa tidak membutuhkan orang lain. Sehingga kamu selalu memiliki masalah dengan pemimpin yang ada di atasmu karena pada dasarnya kamu tidak mau dipimpin dan merasa diri sudah benar.

Kesimpulan

Itulah 5 perbedaan orang yang memiliki keyakinan atau prinsip yang teguh (strong conviction) dengan orang yang memang memiliki watak keras kepala. Jika ternyata kamu masih memiliki ada beberapa ciri dari orang yang keras kepala maka solusinya mudah yakni membuka diri dan siap untuk dikoreksi oleh orang-orang yang sudah ditetapkan untuk menjadi pemimpinmu. Bahkan kamu juga siap untuk menerima koreksian dari orang-orang yang ada di sekelilingmu.

Karena percayalah dengan kamu memiliki hati yang lemah lembut, mudah diajar dan mau berubah maka niscaya integritas dalam hidupmu akan mulai terbangun. Dan orang banyak akan mempercayai dan mengenalmu sebagai orang yang berintegritas dan memiliki idealisme yang tidak mudah digoyahkan.

+ There are no comments

Add yours