Inilah Cara Mengobati Masalah Akibat Salah Tidur

Salah Tidur

Kita menghabiskan sepertiga dari waktu hidup kita untuk tidur.

Kualitas dari istirahat serta kebugaran tubuh kita dipengaruhi sekali oleh postur tubuh kita saat tidur dan aktivitas apa yang kita lakukan sebelum pergi tidur.

Inilah beberapa tips dari Indonesiaone.org tentang rekomendasi postur tubuh dan pola tidur yang baik untuk mengatasi permasalahan kesehatan akibat salah tidur :

Nyeri Bahu

Nyeri Bahu

Jika anda sering terbangun dengan nyeri atau rasa sakit di bagian bahu, hindari tidur miring, terutama di sisi bagian bahu yang terasa sakit.  Hindari juga tidur dengan posisi perut di bawah karena dapat mengakibatkan pergeseran sendi bahu yang tidak pada tempatnya.

Posisi tidur terbaik adalah berbaring terlentang. Letakkan bantal tipis (Bantal Ortopedi akan lebih baik lagi jika ada), di bawah kepala anda. Ambil sebuah bantal lain dan letakkan di perut anda dan peluklah bantal tersebut. Hal itu akan menolong anda untuk mempertahankan posisi tidur terlentang dan membuat bahu anda berada pada posisi yang benar dan stabil.

Jika anda kurang suka tidur terlentang, cobalah berbaring miring (jangan terlalu miring), dengan posisi tangan yang bebas dan tidak terjepit oleh tubuh. Tekuk dan angkat sedikit kaki anda ke arah dada dan taruh sebuah bantal/guling di antara kedua lutut anda. Hindari tidur dengan tangan di bawah kepala, karena akan menghasilkan posisi bahu yang tidak wajar.

Nyeri Punggung

Nyeri Punggung

Jika anda sering merasakan nyeri atau sakit di punggung saat bangun tidur, maka anda harus memperhatikan posisi lekukan tulang belakang anda saat sedang tidur. Matras yang terlalu empuk juga dapat berefek negatif bagi tulang belakang anda.

Posisi terbaik bagi anda adalah tidur terlentang. Taruh bantal yang tipis di bawah lutut anda untuk mengembalikan lekukan normal pada tulang belakang anda dan mengurangi ketegangan pada otot tendon anda. Anda juga dapat menaruh gulungan handuk kecil di punggung bawah anda agar posisi tulang belakang anda kembali normal.

Meskipun tidak disarankan, namun jika anda lebih menyukai tidur dengan posisi tidur di bawah, taruh bantal tipis di bagian perut bawah dan panggul anda agar ketika tidur agar posisi punggung anda tetap lurus.

Nyeri Leher

Nyeri Leher

Sama seperti kasus nyeri di punggung, leher anda membutuhkan bantuan untuk mengembalikan posisinya yang salah akibat salah tidur.

Posisi ideal untuk memperbaiki posisi leher adalah tidur terlentang dengan bantal tipis di bawah kedua tangan anda. Bagi anda yang sering memiliki masalah sakit di leher saat bangun tidur, anda sebaiknya memilih bantal yang tidak terlalu tebal atau lebih baik lagi bantal ortopedik sebagai alas kepala anda saat tidur.

Jika anda lebih menyukai tidur dengan posisi miring, pastikan bantal anda tidak terlalu tinggi. Idealnya tebal bantal sejajar dengan posisi bahu anda untuk memastikan leher anda ada di posisi yang benar.

Sementara itu tidur dengan posisi perut di bawah sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sering bermasalah dengan sakit leher, karena saat anda tidur tengkurap, posisi leher yang menengadah ke atas akan membuat leher anda kaku dan sakit.

Sulit Tidur

Hard to sleep

Jika anda mengalami masalah sulit untuk tidur, mungkin saja salah satunya disebabkan karena penggunaan gadget seperti laptop dan handphone sebelum tidur. Radiasi cahaya yang keluar dari layar gadget terbukti mempengaruhi siklus tidur kita. (Seringkali disebut sebagai “Blue light effect”).

Hindari mengkonsumsi kafein – kopi, minuman berenergi, soda, teh hitam, coklat – setidaknya 4-6 jam sebelum tidur.

Berolahragalah di pagi dan sore hari. Hal ini akan membantu menyesuaikan siklus dari seluruh tubuh kita, melancarkan aliran darah dan membantu anda tidur dengan lebih mudah.

Sulit Bangun

Sulit Bangun

Jika anda sering kesulitan untuk bangun tepat waktu, mungkin saja itu disebabkan karena anda memasang alarm terlalu banyak dan berbeda-beda setiap harinya. Set alarm bangun pagi pada jam tertentu termasuk saat akhir pekan (Sabtu-Minggu), sehingga jam tubuh kita pun ikut menyesuaikan. Tidur lebih awal juga dapat menyelesaikan masalah yang satu ini.

Tidur Mendengkur

Mendengkur

Jika anda memiliki kecenderungan untuk mendengkur saat tidur, hindari posisi tidur terlentang karena seringkali dalam posisi terlentang tenggorokan anda ada pada posisi menurun dengan posisi lidah anda yang menghalangi jalannya jalur pernapasan.

Bantal yang terlalu empuk juga dapat membuat kepala anda miring ke bawah dan memperberat suara dengkuran anda. Anda dapat menggunakan bantal ekstra untuk mengangkat posisi kepala anda dan membuat lidah anda tidak menghalangi jalur pernapasan lagi.

Anda dapat tidur dengan posisi miring, dengan kaki diangkat menekuk ke arah dada. (Seperti posisi janin), karena posisi ini tidak akan membuat lidah menghalangi jalur pernapasan.

Kram Kaki

Keram Kaki

Kram kaki biasanya terjadi karena adanya otot betis, kaki, atau paha yang mengejang ataupun tegang dengan mendadak. Hampir 80% manusia dari segala usia mengalami hal ini. Saat hal ini terjadi, jangan miringkan badan anda ke samping karena itu akan memperparah otot yang tegang.

Tekut perlahan kaki yang keram, dan pijit dengan lembut. Kram kaki seringkali berkaitan dengan beberapa penyakit tertentu, atau kerusakan dalam syaraf.

Anda dapat melakukan stretching ringan untuk melenturkan otot-otot anda sebelum tidur. Olahraga yang teratur juga menurunkan kram otot secara signifikan.

Kesimpulan

Jangan sembarangan memijat bagian tubuh yang sakit akibat salah tidur, apalagi jika anda memijatnya dengan cukup kuat karena itu hanya akan memperparah otot atau syaraf yang sedang tidak pada tempatnya (disposisi). Anda dapat memijatnya dengan lembut atau mengoleskannya dengan salep.

Kuncinya, olahraga teratur dan posisi tidur yang benar akan dengan efektif mengurangi keluhan anda akibat salah tidur.

Semoga bermanfaat.