Inilah yang Harus Dimiliki Suami Istri Untuk Keluar Dari Konflik Keluarga !!

Masalah Suami Istri

IndonesiaOne.org – Seringkali pasangan suami istri mengalami konflik dalam keseharian mereka dan tidak bisa lepas dari suasana pertikaian. Misalkan perbedaan pandangan soal pengelolaan keuangan, dimana suami suka menghambur – hamburkan uang, sedangkan sang istri sangat hemat dalam pengeluaran. Contoh lainnya lagi, misalkan sang istri mempunyai emosi yang cukup meledak – ledak, sedangkan sang suami sangat pendiam.

Perbedaan – perbedaan tersebut dapat membuat terjadinya pertikaian. Dan akar dari pertikaian tersebut didasari oleh tidak adanya kesehatian diantara pasangan. Maksudnya, belum adanya suatu persamaan prinsip kehidupan yang menjadi patokan bersama.

Steven Agustinus seorang Potential Explorer serta Motivator menjelaskan, bahwa kasih dan empati yang seharusnya melandasi kehidupan berkeluarga perlahan tapi pasti akan terus memudar jika konflik batin dan sakit hati justru yang mendominasi kehidupan berkeluarga. Itulah yang menjadi alasan yang mengakibatkan kebaikan serta anugerah Yang Maha Kuasa terasa tidak ada dalam kehidupan keluarga. Lalu seperti apakah kesehatian yang sebenarnya perlu dimiliki oleh setiap pasangan ??

Bersehati artinya masing-masing pribadi memiliki serta mengadopsi prinsip kebenaran yang sama dimana prinsip tersebut mengandung nilai-nilai yang hakiki dan tepat. Jika satu sama lain memiliki pikiran dan persepsinya sendiri, maka akan terus terjadi perbedaan yang menimbulkan konflik di antara suami istri. Sebagai contoh ; misalkan suami dan istri sepakat untuk mengelola keuangan bersama seturut dengan prinsip kebenaran. Maksudnya adalah membagi tiap uang yang masuk ke dalam pos – pos yang diprioritaskan terlebih dahulu. Kebutuhan utama tentunya harus menjadi priortias. Seperti kebutuhan makanan sehari – hari, dan pembayaran listrik, air dan lain – lain yang menjadi kewajiban untuk dibayar. Dan yang tidak boleh lupa tentunya adalah pemberian zakat (dalam muslim) dan perpupuluhan (dalam Kristen) untuk menjadi prioritas. Sedangkan sisa uangnya bisa dibagi ke dalam berbagai pos kebutuhan sekunder dan tabungan.

Jika suami dan istri telah sepakat dalam menjalani prinsip yang sama seperti diatas, maka yang terjadi adalah kesehatian dan keharmonisan. Konflik dan pertikaian tidaklah mungkin terjadi. Jadi, baiklah suami istri menentukan prinsip apa yang harus dijadikan patokan bersama. Dan pastikanlah, prinsip kebenaranlah yang menjadi pegangan bersama. Sumber prinsip kebenaran tentunya berasal dari Tuhan sang pencipta yang berbicara dari suara hati nurani, ayat – ayat suci yang dimengerti dari ilham ilahi, dan seorang tokoh panutan yang telah teruji integritasnya.

Tetapi ini yang harus diingat, untuk mencapai kesehatian tidak bisa didasari dari hati yang masih menyimpan kekecewaan terhadap pasangan. Karena yang ada hanyalah trauma – trauma yang akan terus terbayang dan membuat hati semakin menjauh satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, betapa penting kita mengampuni pasangan kita. Karena pernikahan tanpa pengampunan akan mendatangkan suasana neraka dalam rumah. Namun jika pengampunan dapat terus mengalir, maka suasana surgalah yang akan tercipta. Jika suasana sudah tentram, maka kesatuan hati dapat mudah terajut kembali.

Satu hal lagi yang perlu diingat, bahwa kesehatian bukan berarti kompromi terhadap nilai – nilai kebenaran. Melainkan tanggung jawab untuk meluruskan pasangan yang tidak berjalan dalam kebenaran agar kembali kepada pemikiran dan prinsip yang benar. Jika istri mendapati suami tidak berjalan dalam prinsip kebenaran yang telah disepakati, maka istri dapat mengingatkan dan mendoakannya senantiasa, serta tetap menaruh respek dan melayani dengan hormat. Begitupun sebaliknya, jika suami mendapat istri tidak melakukan kebenaran, maka sang suami harus bertekun dalam kasih serta kesabaran untuk membawa istri kembali kepada jalan yang benar. Pastilah, jerih payah dan kekonsistenan kita akan mendatangkan perubahan terhadap pasangan.

Ketika prinsip kebenaran menjadi patokan dan dilakukan, maka konflik keluarga akan berakhir dengan sendirinya !

(so)

Keluarga  Mengapa Ada Keluarga di Bumi Ini ??

Keluarga  Unsur Penting Untuk Mencapai Tujuan Besar Dari Sebuah Keluarga !!

Suami Istri  Inilah Peranan Suami dan Istri Dalam Sebuah Keluarga

Suami Istri  Tanpa Ini, Keluargamu Akan Hancur…

Masalah Suami Istri  Inilah yang Harus Dimiliki Suami Istri Untuk Keluar Dari Konflik Keluarga !!

Suami Istri  Normalkah ‘Perbedaan’ Diantara Pasangan Diakhiri Dengan Pertengkaran ??