Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Inspirasi / Kamu Sulit Konsentrasi? Berikut Tips untuk bisa konsentrasi

Kamu Sulit Konsentrasi? Berikut Tips untuk bisa konsentrasi

IndonesiaOne.org – Pikiran kita seringkali menjadi tidak dapat terkendali disituasi atau keadaan tertentu. Bahkan tidak jarang pikiran kita “melayang – layang” ke luar ruangan dimana kita berada. Hal itu disebabkan diri kita tidak pernah melatih pikiran kita untuk berfokus kepada hal yang ingin kita pikirkan.

Fokus pikiran sesungguhnya bisa dilatih dengan cara :

  1. Perkatakan dengan suara yang keras hal apa yang ingin kita pikirkan.

Berkata – kata dengan suara yang keras sesungguhnya dapat membuat pikiran kita menjadi berfokus pada apa yang sedang kita ucapkan. Ini adalah cara sederhana yang dapat dilakukan setiap hari. Akan jauh lebih baik kita memperkatan kata – kata motivasi pada diri kita sendiri sebelum melakukan aktivitas. Kata – kata motivasi tersebut akan menjadi fokus pikiran kita dan mengendalikan pikiran kita untuk tetap tertuju kepada keoptimisan hidup dalam menghadapi aktivitas sehari – hari.

  1. Mengelola pernapasan.

Terkadang otak kita seringkali menjadi lelah karena terlalu banyak yang dipikirkan. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi sulit terkendali. Oleh karena itu suasana yang “rileks” dibutuhkan oleh otak kita. Dengan cara menarik napas sedalam – dalamnya dan  menahan selama beberapa detik lalu membuangnya akan membuat oksigen di dalam darah dapat mengalir dengan baik ke otak kita. Otak dapat menjadi segar dan bisa berkonsentrasi kembali.

  1. Perkatakan kata “Fokus” dengan suara yang bisa kita dengar.

Jangan ragu untuk mengatakan kata ‘FOKUS’ dengan suara yang keras. Ini akan menolong pikiran kita menjadi konsentrasi kembali. Karena apa yang kita perkatakan itulah yang akan menjadi “asupan” makanan pikiran kita untuk  direnungkan dan dibayangkan. Dengan kita mengatakan ‘FOKUS’ maka otomatis pikiran kita akan menjadi FOKUS kembali.

Tiga tips diatas adalah pengalaman pribadi yang dapat dipraktekkan namun juga bisa dibantah. Namun jika hal tersebut sudah pernah berhasil membuat fokus, mengapa kita tidak mencoba untuk melakukannya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Check Also

Helm Anti Begal Karya Anak Bangsa

IndonesiaOne.org – Maraknya aksi pembegalan di Indonesia yang telah banyak merenggut korban jiwa ternyata membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *