10 Kartini Tangguh di Dunia Teknologi Indonesia

21-Kartini

Indonesiaone.org – Sosok R.A Kartini memang menjadi salah satu inspirasi bagi para wanita di zaman modern. Salah satu ciri khas yang menonjol dari R.A Kartini adalah sifatnya yang tidak mau menyerah dan pasrah dan berani untuk mengambil risiko dan melawan arus yang ada.

Begitu juga di zaman modern ini, ada banyak wanita pejuang yang melakukan perjuangannya dalam bentuk yang berbeda-beda. Mereka berkarya di bidangnya masing-masing. Mulai dari ibu rumah tangga, guru, dokter, perawat, wanita karir, dan masih banyak contoh lainnya.

Dunia teknologi informasi selalu identik dengan dunia laki-laki. Hal ini disebabkan karena laki-laki dinilai memiliki kemampuan eksakta dan logika yang lebih tajam dibandingkan perempuan. Bagi para perempuan yang berkecimpung di dunia teknologi informasi, tidak jarang mereka dinomorduakan setelah laki-laki oleh sekitarnya.

Meskipun ada banyak “handicap”(rintangan) yang dialami oleh wanita, ada banyak wanita yang terus berkarya mewarnai industri teknologi di Indonesia. Berkat kegigihan dan kerja keras yang mereka lakukan, mereka pun meraih hasil yang manis dan patut diperhitungkan kemampuannya.

Ini dia 10 wanita tangguh di dunia teknologi informasi di Indonesia :

1. Aulia Salsabeela, Founder NulisBuku.com

1-Olllie

Wanita cantik yang akrab disapa Ollie ini merupakan founder sebuah startup bernama nulisbuku.com yang memiliki misi untuk mewujudkan mimpi para penulis amatir untuk menerbitkan buku.

Hingga saat ini, nulisbuku telah mewadahi 150.000 penulis untuk menerbitkan tulisannya secara independen. Ollie sendiri telah menelurkan lebih dari 20 buku.

Ia juga sangat peduli pada perkembangan bisnis berbasis teknologi di Indonesia, karenanya Ollie aktif membagi ilmu pun pengalamannya pada berbagai komunitas seperti StartupLokal, GirlsInTechID, serta FreshForum.

2. Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, Founder BuBu.com

2-Shinta

Perjalan panjang wanita kelahiran 18 Juni 1970 bersama Bubu.com dimulai sejak tahun 1996 dengan nama Bubu Advertising. Startup yang bergerak dibidang advertising internet kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan yang berfokus pada digital agency.

Perempuan yang pernah masuk dalam daftar Inspiring Women 2013 Honor Roll versi majalah Forbes Indonesia ini bertekad ingin mengembangkan iklim IT di Indonesia dengan aktif memberikan kuliah umum di berbagai perguruan tinggi, menyelenggarakan event Indonesian Digital Byte (IDBYTE), serta membantu start-up IT lokal untuk memperoleh investor dari luar negeri guna mengembangkan usaha mereka.

3. Hanifa Ambadar, Founder & CEO Female Daily Network


Hanifa

Hanifa merintis Female Daily berkat kesukaannya pada dunia blogging. Female Daily Network (FDN) sendiri merupakan startup portal, dan komunitas online untuk wanita yang berfokus pada dunia fashion serta kecantikan. Kini portal komunitas yang satu ini telah memiliki lebih dari 180.000 anggota terdaftar sejak tahun 2005 dengan jumlah anggota yang aktif mencapai 1,5 juta pengunjung tiap bulannya yang dikelola oleh 26 pegawai tetapnya.

Sejak 2012 lalu, Female Daily aktif menjadi community center terutama dalam bidang women empowerment. Kerja keras untuk mengembangkan usahanya telah membawanya masuk dalam 100 Digital Entrepreneurs 2012 SWA Magazine, SWA Magazine Young and Cool Entrepreneurs 2013, serta masuk sebagai finalis dalam Ernest & Young (EY) Entrepreneurial Winning Woman 2014.

4. Cynthia Tenggara, CEO & Co Founder BerryKitchen

4-Chyntia

Entrepreneur wanita satu ini sukses mengembangkan startup katering online dengan nama berrykitchen.com yang dikelola secara profesional dan higienis. Usaha yang didirikan Cynthia sejak tahun 2012 ini sekarang ordernya telah mencapai 1000-1300 pax/hari dengan total karyawannya yang mencapai kurang lebih 65 orang. Tak tanggung-tanggung wanita cantik yang satu ini juga telah berhasil menahkodai BerryKitchen hingga mendapatkan investasi sebesar 1.25 juta US dollar dari Soverign’s Capital, dan East Venture.

5. Rini Sugianto, Animator Kelas Dunia

Rini

Apa kamu sudah menonton film ‘Ted 2’, ‘The Hobbit : An Unexpected Journey’, ‘The Desolation of Smaug’, atau ‘The Adventure of Tintin’ ?

Inilah sosok Rini Sugiarto, salah satu animator yang ikut mengerjakan film-film laris manis tersebut. Wanita berbakat yang saat ini bekerja di Industrial Light and Magic ini bahkan di film Tintin bertindak sebagai animator dengan andil paling besar yakni mengerjakan 70 shot di film tersebut. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi dunia animasi Indonesia.

6. Betti Setiastuti Alisjahbana, Presiden Direktur IBM Indonesia

Betti

Sosok ibu tangguh ini memulai karirnya di IBM sebagai management trainee pada tahun 1984. Beliau adalah wanita pertama di kawasan Asia Pasifik yang berhasil menduduki posisi Country General Manager IBM pada tahun 2000-2008. Setelah resign dari posisinya di IBM, beliau memilih untuk membangun negerinya sendiri dengan mendirikan PT. Quantum Bisnis International, dan QB International di tahun 2008.

Selain itu, saat ini beliau masih aktif sebagai komisaris di PT. Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma), komisaris di Independen PT. Anabatic Teknologi Tbk., dan komisaris PT. Bhineka Mentari Dimensi (Bhineka.com). Berkat usahanya beliau pernah meraih penghargaan Satyalancana Wira Karya pada tahun 2013 dari Presiden RI atas kontribusinya memajukan teknologi informasi di Indonesia, Indi Women Award Kartini 2.0 tahun 2013 dari PT. Telkom Indonesia atas perannya memajukan industri IT di Indonesia, serta masuk dalam deretan 100 Most Inspirational Women tahun 2008 versi Majalah Kartini.

7. Nuniek Tirta Sari, Tiket.com

Nuniek

Perempuan hebat nan inspiratif yang sering disapa Mbak Nuniek ini adalah perempuan yang ada dibalik kesuksesan website tiket.com. Meski background pendidikannya berasal dari psikologi konseling, namun Mbak Nuniek adalah salah satu pelopor industri kreatif digital Indonesia lewat komunitas #StartupLokal. Seorang Mbak Nuniek membuktikan bahwa sukses bisa diraih oleh siapa saja yang mau belajar, dan menemukan jalan suksesnya.

8. Diajeng Lestari, Founder HijUp.com

Diajeng

Ibu muda lahiran tahun 1986 ini mulai menjalankan bisnis e-commerce dibidang fashion muslim hijup.com sejak tahun 2011. Meski latar belakang pendidikannya adalah FISIP di UI, istri dari Ahmad Zacky CEO SENSOR ini tetap bertekad kuat untuk mempelajari IT demi menyediakan website e-commerce dengan support sistem yang baik
demi kepuasan calon pelanggan. Kini, HijUp besutan Ajeng telah memiliki puluhan karyawan, dan menginspirasi banyak anak muda Indonesia untuk berkreasi, dan mengembangkan fashion hijab secara syar’i.

9. Ken Ratri Iswari, Founder GeekHunter.com

Ken

GeekHunter adalah startup yang bergerak diranah perekrutan kerja di bidang TI. Ken Ratri Iswari bersama Yuni Anggraeni sahabatnya mulai menjalankan bisnis ini sejak Juli 2013. Selain sebagai konsultan, GeekHunter juga memberikan informasi mengenai lowongan kerja dibidang TI bagi para pencari kerja. Berkat kerja keras Ken, saat ini GeekHunter telah bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan, dimana 40 persen kliennya merupakan perusahaan asing baik dari Singapura, Amerika, Australia, hingga Korea Selatan.

Tidak hanya itu, GeekHunter sekarang telah memiliki lebih dari 10.000 talent dibidang TI. Berkat tekad kuatnya mojang Bandung ini pernah meraih beberapa penghargaan, diantaranya ’30 Under 30 – Young Passionate, and Successful Women’ oleh majalah Cleo, dan menjadi salah satu dari 12 pemenang dalam The Wempy Dyocta Koto Award.

10. Umi Fadilah, UI UX indonesia

Umi

Perempuan kreatif yang memiliki passion yang tinggi dibidang UI/UX ini memulai karir pertamanya sebagai MSDN/Technet Indonesia Site Manager di Microsoft Indonesia. Lulusan ilmu komputer dengan konsentrasi Human Computer Interaction (HCI) ini berperan sebagai UX Evengelist, serta aktif dalam mengenalkan antar muka Windows Presentation Foundation (WPF), Silverlight, dan Expression studio. Umi Fadilah sekarang tengah mengejar gelar masternya di MFA Design & Technology at Parsons School for Design di New York dengan konsentrasi yang sama.