Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Opini / Ketika Pendukung Timnas Indonesia Mendukung Negara Lain

Ketika Pendukung Timnas Indonesia Mendukung Negara Lain

IndonesiaOne.org – Gegap gempita piala dunia sedang kita saksikan bersama. Jutaan mata tertuju pada Rusia sebagai tuan rumah pesta sepakbola akbar tersebut. Para supporter dari ujung dunia rela datang demi untuk melihat timnas kesayangannya unjuk gigi. Tidak ketinggalan juga supporter Indonesia yang rela begadang demi menyaksikan tim kesayangannya melaju ke babak berikutnya. Tapi sayang, itu bukan timnas Indonesia. Kita masih harus bermimpi untuk melihat Garuda kebanggaan kita berada di ajang bergengsi itu. Entah kapan kita berada disana. Negeri dengan 200 juta penduduk belum bisa melahirkan 11 pemain kelas dunia.

Seandainya ada seorang calon presiden nanti yang berani menjamin timnas kita pasti akan merumput pada pagelaran piala dunia 2022, pasti akan ada banyak suara yang diperolehnya untuk duduk disanggasana RI 1. Tapi mungkinkah ada yang berani menjamin seperti itu? Seandainya ada, pastilah ia manusia setengah dewa seperti judul lagu dari bang Iwan Fals.

Memang, bicara kepemimpinan tidak hanya pada dunia olahraga saja harus alami kemajuan. Masih ada perekonomian dan bidang lainnya yang perlu dikembangkan. Tapi mau sampai kapan Indonesia hanya sekedar menjadi penonton televisi tiap kali ajang empat tahunan itu diadakan? Mengapa kita sulit sekali mencontoh keprofesionalan pembinaan timnas dan club – club seperti yang ada di negara – negara Eropa? Apa yang salah dengan sepakbola kita? Mau sehebat apapun kemajuan Indonesia, tanpa timnas masuk pada piala dunia, maka kehebatan tersebut ibarat makanan tanpa garam. Ya, hambar!!

Oleh karena itu, siapapun nanti yang akan bertarung pada Pilpres 2019, sebagai rakyat Indonesia kita berharap, ingatlah timnas Indonesia! Lakukan berbagai cara untuk memajukan persepakbolaan bangsa. Masakan kita tidak bisa menemukan bakat seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di antara ratusan juta orang? Mustahil! Pasti ada. Menjadi pekerjaan rumah pemerintahan nantinya untuk mencari bakat – bakat muda dan membina mereka secara professional. Bangunkanlah infrastruktur pembinaan dengan sistem manajemen yang professional di dalamnya. Pastilah mereka akan bertumbuh menjadi gladiator rumput hijau yang tangguh dan hebat.

Sudah terlalu lama kita hanya bermimpi. Sekaranglah waktunya kita mewujudkan! Sudah terlalu lama kita hanya menonton, ini waktunya kita menjadi pemain! Sudah sering kita bersorak demi negara lain, inilah saatnya kita berdecak kagum terhadap timnas Indonesia! Perencanaan yang matang dan tindakan nyata pasti akan membuat timnas kita bicara banyak di kancah internasional!

 

Check Also

Akar Intoleran Adalah Kebodohan dan Kemiskinan

IndonesiaOne.org – Aksi kaum radikalisme dan berbagai kelompok intoleran yang kian marak di seluruh dunia …

One comment

  1. Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno pernah mempunyai kesebelasan tangguh yang melanglangbuana mendobrak sekat-sekat politik dengan permainan sepak bola. Kita rindu punya presiden sehebat Bung Karno. Beliaulah yang telah memberi semangat juang pada anak bangsa untuk maju di medan juang olah raga. Dan, mereka berhasil mengukir kesuksesan yang membanggakan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *