Home / BICARA - BINCANGAN RAKYAT / Hiburan / Kota Terapung, Mungkinkah ?

Kota Terapung, Mungkinkah ?

Indonesiaone.org – Ide mengenai kota terapung memang sudah ada sejak zaman dahulu, tapi mungkin saja baru akan terealisasi tidak lama lagi.

Para pakar perancang pemukiman di Eropa, akan mewujudkan ide kota terapung di Pulau Tahiti, Polinesia Perancis. Perkiraan proyek ini akan selesai pada 2019 mendatang. Pemerintah Polinesia Perancis telah menandatangani kesepakatan dengan Institus Seasteading, California untuk memulai proyek pembangunan kota terapung tersebut.

 

kota-terapung-2Konsep kota terapung dari “Seasteading Institute”  dirancang untuk mengatasi terus naiknya permukaan air laut, dan mendorong pengembangan teknologi dan ekonomi.

Polinesia Perancis, negara di Pasifik Selatan yang terdiri dari 118 pulau, tertarik dengan konsep proyek kota terapung dari Seasteading Institute, karena negara mereka menghadapi resiko kenaikan air laut yang semakin memprihatinkan.

Rancangan kota terapung itu memiliki platform beton bertulang empat persegi panjang dan pentagonal dengan panjang dan ketebalan rata-rata 50 meter. Biaya masing-masing platform sekitar 15 juta dollar dan dapat menampung 20-30 warga.

Konsep kota terapung dari Seasteading Institute.

Seasteading sendiri ingin mendorong pembangunan yang lebih efisien ke depannya agar model kota terapung tersebut dapat diterapkan di seluruh dunia. Diharapkan konsep kota terapung dapat menampung jutaan penduduk dunia pada tahun 2050.

Proyek ini sendiri masih menyisakan banyak kontroversi sendiri. Mantan Menteri Pariwisata Polinesia Marc Collins mengatakan bahwa ada banyak yang bersikap negatif terhadap proyek kota apung ini.

Check Also

Seorang Pria Terbang Sejauh 25 KM Mengendarai 100 Balon Helium, Terinspirasi dari Film “UP”

Seorang petualang asal Inggris baru-baru ini menjalani pengalaman yang sangat unik yaitu terbang setinggi 8000 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *