Langkah Pertama Merubah Kehidupan Generasi Muda

IndonesiaOne.org – Untuk mengubah kehidupan, kebiasaan, sikap ataupun sifat anak-anak muda yang sudah tercetak oleh berbagai pergaulan yang salah memang tidak mudah. Tetapi bukan berarti ini sesuatu hal yang mustahil untuk dilakukan. (Baca artikelnya : Bagaimana Mendidik Anak yang Terlanjur Susah Diatur ?? )

Steven Agustinus seorang Potential Explorer serta Motivator menjelaskan bahwa sebelum kita dapat menanamkan sesuatu ke dalam hidup generasi dibawah kita. Ada suatu hubungan atau ikatan batin dan kedekatan emosional yang harus kita bangun dengan mereka terlebih dahulu.

Bangun Ikatan Batin dan Emosional

Penanaman value yang dilakukan tanpa adanya ikatan batin biasanya hanya akan berlangsung di permukaan belaka. Tetapi ikatan batin yang kita miliki dengan generasi dibawah kita akan mengkondisikan apapun yang kita tanamkan akan terus melekat di dalam ingatan mereka.

Jadikan diri kita sebagai tempat ‘curhatan’ yang nyaman dan aman bagi mereka. Hal ini memang membutuhkan kesabaran dalam melakukannya, namun cobalah untuk menjadi sahabat dan pendengar yang baik bagi mereka. Berikan ruang untuk mereka mencurahkan hati, setelah itu barulah kita memberikan nilai-nilai kebenaran bagi mereka.

Dan ini yang harus diingat, jangan langsung mengintimidasi ataupun memojokkan atas tindakan yang mereka buat. Karena jika demikian, maka mereka akan mulai menutup diri dari kita.

(so)

1 Comment

  1. Mengubah kehidupan generasi muda zaman sekarang tidak mudah. Banyak faktor penyebabnya. Antara lain akibat membanjirkan informasi dari berbagai sumber. Tentu saja, hal itu akan berpengaruh pada pola pikir dan perilakunya.

    Tetapi sebagai orang tua, guru atau siapa saja ingin generasi muda tampil lebih baik tidak boleh pesimis dengan generasi muda ke depan. Semua juga tergantung dari upaua kita untuk membangun masa depan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment
scroll to top