Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Manfaat Bersikap Optimis

Manfaat Bersikap Optimis

IndonesiaOne.org – Sebuah perusahaan sepatu ingin membuka toko sepatu di sebuah kota. Untuk memastikan peluang bisnis dari tempat tersebut diutuslah dua orang calon pengawai marketing yang datang melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Keduanya berangkat bersama-sama. Setibanya di sana, mereka mulai berpencar melihat-melihat keadaan kota tersebut. Selama kurang lebih tiga hari mengamati, mereka kembali kepada bos perusahaan yang mengutus mereka. Mereka menghadap pemimpin tertinggi di perusahaan itu.

“Perusahaan ini akan melakukan hal yang sia-sia jika membuka toko di kota itu. Bahkan dapat dipastikan akan menjadi kerugian yang besar,” kata kandidat A dengan keyakinan.

“Tapi menurut saya, kita akan untung besar, Pak. Ini pasar yang bagus! Harus segera dibuka tokonya sebelum perusahaan lain melakukannya,” kandidat B menimpali seraya berbinar-binar.

“Kenapa kalian berpendapat seperti itu? Coba jelaskan.” Tanya sang pemimpin dengan suara yang dalam sambil menatap keduanya.

“Sepatu kita tidak mungkin laku di sana, Pak. Kenapa? Karena tidak ada satu pun orang di kota itu yang memakai sepatu! Kalau tidak ada yang memakai sepatu, lalu siapa yang akan membeli sepatu? Lebih baik buka toko di tempat lain saja, Pak.”

“Justru itu, saya merasa yakin kita harus buka toko sepatu di sana. Karena belum ada satu pun dari mereka yang memakai sepatu. Bayangkan berapa banyak calon pembeli sepatu kita? Satu kota! Dan belum ada satu pun toko sepatu di kota itu! Wow! Ini peluang yang sangat bagus, Pak. Harus segera ditindaklanjuti. Itu pendapat saya.”

Tiga hari kemudian, si B dipanggil kembali oleh pemimpin perusahaan sepatu tempatnya melamaar pekerjaan. Dia diterima bekerja dan ditugaskan sebagai kepala cabang toko sepatu di kota yang dikunjunginya. Tokonya berkembang dengan pesat  dan terus semakin maju setiap tahunnya.

Dari kisah di atas kita bisa menarik kesimpulan ada beberapa manfaat dari bersikap optimis, yaitu:

  1. Dengan bersikap optimis, kita akan selalu melihat peluang dan ide untuk mewujudkannya.
  2. Dengan bersikap optimis, selalu ada terobosan yang terjadi dalam hidup kita karena baginya segala sesuatu adalah mungkin.
  3. Dengan besikap optimis, kita menjadi solusi dan jawaban dimanapun kita berada.
  4. Orang optimis pasti berdaya guna.
  5. Apapun yang dikerjakan orang optimis pasti berhasil.

Pijaran cahaya lampu, pesawat terbang, telepon genggam, alat-alat kedokteran yang ada adalah sedikit contoh nyata hasil karya dari orang-orang yang terus membangun sikap optimis dalam hidupnya. Kita tidak akan pernah tahu apa yang dapat kita lakukan jika terus bersikap pesimis. Pesimisme hanya akan mengkerdilkan diri kita sementara optimisme akan menjadikan kita orang “besar”. Orang pesimis hanya akan menjadi pengikut sejarah, sedangkan orang optimis akan bangkit menjadi orang-orang yang menciptakan sejarah.

 

Check Also

Ini dia 3 Manfaat Membaca yang Dapat Mengubahkan Hidupmu

Sobat Indonesiaone, apakah menurutmu membaca itu penting ? Setelah akhir-akhir ini melekat julukan “generasi micin” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *