Manfaat Buat Kamu Yang Suka Hidup Sederhana


IndonesiaOne.org – Setiap orang memiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda-beda. Ada orang yang harus mengeluarkan 500rb, 3juta, 5juta atau bahkan puluhan juta tiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Lepas berapa banyak pengeluaran yang harus kita keluarkan, alangkah baiknya jika kita hidup sesederhana mungkin. Nah kali ini IndonesiaOne.org memberikan 5 manfaat bagi kamu yang suka hidup sederhana alias ‘gak neko-neko’ :

1. Kamu Memiliki Tabungan

 Manfaat Hidup Sederhana 1Bagi kamu yang suka hidup sederhana, pastinya pendapatan tiap bulan akan sedetail mungkin dikelola dengan baik. Kamu akan mengalokasikan pengeluaran untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu. Kamu bisa membedakan antara kebutuhan dengan ‘keinginan’. Segala pengeluaran untuk ‘keinginan’ (barang-barang yang seharusnya tidak begitu diperlukan) mulai kamu singkirkan dan sisa pendapatan akan langsung ditabungkan. Dan saat ada kebutuhan mendadak, kamu pun memiliki tabungan yang dapat sewaktu-waktu digunakan di kemudian hari.

2. Kamu Tidak Menjadi Manusia Benalu

Saat kamu mendisiplin diri untuk hidup sederhana, kamu akan menjadi pribadi yang mandiri. Dimana kamu bisa ‘menghidupi’ dirimu sendiri tanpa bantuan atau uang dari orang lain. Kamu tidak boleh menjalani hidup seperti ‘benalu’ yang terus hidup dari tumbuhan lain. Manusia ‘benalu’ sifatnya selalu menggantungkan diri serta memanfaatkan orang lain. Bahasa gaulnya itu, “Aji mumpung lha !!”. Wah jika seperti ini, sudah pasti sangat merugikan orang lain.

Maka dari itu pastikan kamu hidup sesederhana mungkin, sehingga kamu bisa mengontrol keuanganmu dan menjadi seorang yang mandiri.

3. Hidup Jadi Lebih Mudah

Manfaat Hidup Sederhana 3Pinterest

Saat kamu hidup sederhana, hidup akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Mengapa ?? Karena kamu tidak perlu lagi bergumul dengan keinginan-keinginan yang memaksa kamu untuk hidup boros. Kamu akan selalu bersyukur dengan kondisi yang ada sekarang ini, ibarat kata “makan nasi pake tempe sama sambal aja ?? no problem !!”.

Hidupmu jadi lebih ringan tanpa harus meratapi nasib yang selama ini kebanyakan orang alami. Sebenarnya banyak orang bergumul dengan hidupnya karena orang itu belum bisa melihat bahwa hidupnya sekarang ini adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri.

4. Bebas Dari Lilitan Hutang

Manfaat Hidup Sederhana 4Kiplinger

Mengapa kebanyakan orang terlilit dengan hutang yang nominalnya sangat besar ?? Hal itu dikarenakan gaya hidup orang yang bersangkutan yang tidak seimbang dengan pemasukannya. Jenis orang seperti ini biasanya memiliki keinginan yang lebih besar dibanding dengan kebutuhan utamanya. Barang-barang atau keperluan lain yang seharusnya tidak perlu, justru mereka paksakan dengan berbagai cara agar memilikinya. Tak heran karena pemborosan seperti ini maka hutanglah yang melilit hidup mereka. Dan  pada akhirnya mereka harus melewati hari, bulan bahkan tahun-tahun yang penuh dengan susah payah demi menutupi hutang-hutang mereka.

5. Kamu Jadi Pribadi yang ‘Available’ atau Siap Sedia

Manfaat Hidup Sederhana 5

Kemanapun orang membutuhkan bantuanmu, kamu akan selalu siap sedia. Apa maksudnya ?? Contoh jika ada saudaramu yang sangat membutuhkan kehadiranmu tetapi saudaramu itu ada di luar kota. Maka kamu dengan siap sedia menolongnya, tanpa meminta reimburse atau penggantian biaya ongkos ke saudara kita tersebut. Contoh lainnya, semisal dibutuhkan relawan untuk membantu bencana alam di kotamu, maka dengan siap sedia kamu akan memberikan bantuan.

Lalu apa hubungannya dengan hidup sederhana ?? Dengan kamu hidup sederhana, maka akan ada uang sisa yang bisa kamu gunakan untuk keperluan mendadak. Kamu pun tidak perlu bergumul karena tidak memiliki uang sisa yang bisa digunakan.

Itulah sebabnya betapa penting kita harus hidup sederhana. Jadilah orang yang bijaksana dalam mengelola uang yang kamu terima. Karena kamu tidak akan dipercayakan hal yang besar jika kamu tidak bisa mengelola hal yang kecil terlebih dahulu, salah satunya cara mengelola uang dengan baik.

penulis : Sherlynda Oktavia

+ There are no comments

Add yours