9 Hal yang Dapat Kita Pelajari dari Keluarga Bahagia

9 hal

IndonesiaOne.org – Semua orang yang sedang membangun rumah tangga tentu memiliki harapan untuk rumah tangganya selalu bahagia dan harmonis hingga akhir hayat.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, ada beberapa kebiasaan yang ternyata sering dilakukan oleh pasangan yang harmonis dan bahagia.

9 Hal dan kebiasaan keluarga bahagia ini dapat kita pelajari dan ambil manfaatnya :

1. Berpamitan sebelum pergi.

Pasangan yang harmonis memiliki kebiasaan untuk selalu berpamitan setiap kali hendak berpergian baik itu perjalanan jauh ataupun hanya mampir ke tetangga. Mereka menyadari bahwa hidup mereka tidaklah sendiri lagi, melainkan berdua bersama pasangan mereka sebagai satu keluarga.

Kebiasaan ini sebetulnya bersumber dari hati yang selalu tertuju pada pasangan mereka. Dimanapun mereka berada, mereka akan selalu ingat bahkan kangen dan rindu pada pasangannya. Itulah sebabnya mereka selalu berusaha mengabari dan “keep in touch” dengan pasangan mereka.

89903-OISAXW-118

2. Tidak berlebihan “broadcast” kemesraan di Sosial Media.

Pasangan yang bahagia dan harmonis memiliki “kadar” yang wajar mengenai hal mana yang perlu dibagikan di sosial media dan mana yang tidak. Mereka tidak perlu mengumbar kemesraan di sosial media hanya untuk menunjukkan kepada teman-temannya bahwa hubungan mereka harmonis dan bahagia.

3. Tetap peduli pada pasangan semarah apapun mereka.

Meskipun mereka sedang marahan, mereka tetap care dan memperhatikan pasangan mereka. Sikap peduli inilah juga yang membuat mereka jarang bertengkar dalam jangka waktu yang lama.

89903-OISAXW-118

4. Mereka dapat memahami kekonyolan dan kekurangan pasangan dengan cara yang bijak.

Mereka menyadari bahwa mereka berpasangan dengan manusia biasa yang memiliki banyak keunikan dan kelemahan dan mereka menyingkapinya dengan bijak. Hal-hal konyol yang mungkin dianggap negatif oleh orang lain dapat mereka jadikan sebagai hal menarik dan unik dari pasangannya.

5. Mereka mengapresiasi pasangannya baik itu di depan umum maupun saat hanya berduaan saja.

Mereka bangga dan mengapresiasi pasangannya serta menunjukkan rasa respect dan rasa syukur atas keberadaan pasangannya. Apresiasi dilakukan tidak hanya di depan umum saja, namun juga saat hanya berdua saja.

Tindakan mengapresiasi pasangan terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri, rasa berharga, dan kebahagian dari masing-masing pasangan.

89903-OISAXW-118

6. Mereka menumbuhkan kesukaan yang sama akan beberapa hal.

Sebagai pasangan yang memiliki karakter dan kesukaan yang berbeda, seringkali mereka saling mempengaruhi satu sama lain. Hal yang tadinya kesukaan suami menular ke si istri, begitupun sebaliknya. Hal tersebut terjadi secara natural dan tanpa paksaan.

7. Mereka tetap memiliki waktu untuk menikmati hobinya masing-masing.

Sebagai pasangan, mereka juga tidak kerap kali mengerjakan sesuatu bareng-bareng. Mereka juga tetap memiliki waktu dan ruang untuk menikmati hobi dan kesukaannya masing-masing. Meskipun mengerjakan hal yang berbeda, mereka tetap menikmati “kebersamaan” di dalamnya.

8. Mereka saling mendukung satu sama lain.

Mereka saling mendukung secara positif satu sama lain. Mereka percaya akan pasangannya dan selalu memberikan dukungan terbaik bagi pasangan mereka.

89903-OISAXW-118

Dukungan yang tulus dari pasangan, baik secara moral maupun tenaga merupakan salah satu kunci dari kesuksesan seseorang. Ada banyak tokoh besar yang mengaku tidak akan dapat berdiri di posisi puncak tanpa bantuan dan dukungan penuh dari pasangannya.

9. Mereka menikmati saat-saat bersama kerabat, keluarga, maupun saat berdua.

Kebersamaan bersama dengan keluarga dan kerabat adalah hal-hal yang membahagiakan bagi mereka. Mereka juga dapat menikmati waktu berdua dengan cara-cara yang unik.

Pasangan menjadi teman seperjalanan, sahabat sejati, sekaligus kekasih hati yang menempuh perjalanan hidup bersama-sama

89903-OISAXW-118

Masih ada banyak kebiasaan positif lain dari pasangan yang harmonis yang dapat dijadikan pelajaran. Kebiasaan-kebiasaan diatas hanyalah perilaku luar saja, dan bukan berarti jika hal-hal diatas tidak ada di rumah tangga anda maka kehidupan rumah tangga anda tidak harmonis.

Hal terpenting adalah sikap hati yang selalu tulus, mengasihi, dan setia kepada pasangan. Maka dengan sendirinya sikap dan tindakan kita akan selalu berusaha untuk menyenangkan pasangan.