Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Berita Umum / Nama Pahlawan Indonesia jadi Nama Jalan di Dunia

Nama Pahlawan Indonesia jadi Nama Jalan di Dunia

Indonesiaone.org – Kita sebagai anak Indonesia seharusnya bangga dengan apa yang menjadi perjuangan dari para pahlawan kita yang ada di masa lalu. Karena dengan keberanian mereka, mereka mampu membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia hingga merebut kemerdekaan.

Ternyata para pahlawan kita bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi juga terkenal di dunia. Karena dari beberapa pahlawan kita, namanya diabadikan menjadi nama jalan di beberapa Negara yang ada di dunia.

Mau tau siapa saja nama pahlawan – pahlawan tersebut???

Indonesiaone akan memberikan kepada anda nama-nama pahlawan yang menjadi nama-nama jalan di dunia :

  1. Soekarno – Rue Soukarno

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pahlawan yang satu ini, seorang sosok yang berkharisma dan berjiwa besar untuk bangsa Indonesia. Ya, dia adalah Presiden pertama Indonesia yang juga adalah bapak proklamator kita yang namanya menjadi salah satu nama jalan yang ada di kota Rabat, Maroko.

Nama Ir. Soekarno diresmikan menjadi nama jalan di kota Rabat yang merupakan Ibukota dari Negara Maroko yaitu pada tahun 1960. Ada yang spesial dan istimewa dalam peresmian nama jalan tersebut. Yaitu karena nama jalan tersebut diresmikan secara langsung oleh Ir. Soekarno.

Nama jalan ini terdapat pada pusat kota Rabat, tepatnya di depan kantor Pos kota Rabat. Nama jalan tersebut yaitu ”Rue Soukarno”. Penamaan ini sebagai apresiasi dan penghargaan dari Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno.

Selain nama Ir. Soekarno yang digunakan sebagai nama jalan, ternyata Jakarta juga diabadikan sebagai nama jalan di Maroko lho. Dan sebagai balasannya tahun 1990 Jakarta menjadikan Casablanca sebagai nama jalan di Jakarta.

  1. Mohammad Hatta – Mohammed HattaStraat

Bapak Proklamator kita yang satu ini, yang juga sekaligus sebagai Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, mendapat kebanggaan juga karena namanya bisa dijadikan salah satu nama jalan di kota Harleem, Belanda.

Sebagai tokoh pergerak kemerdekaan Indonesia dan juga sebagai bapak Koperasi Indonesia, beliau pernah menimba ilmu di Negara Belanda yang terkenal dengan kincir anginnya. Pemerintah Belanda melalui Walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan yang ada di kota Harleem. Nama jalan tersebut yaitu Mohammed HattaStraat, dan nama jalan tersebut masih ada sampai sekarang.

  1. A. Kartini – R. A. KartiniStraatraden

Raden Ajeng Kartini adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang memperjuangkan emansipasi wanita. R. A. Kartini selalu memperjuangkan harkat dan martabat perempuan Indonesia.

Sama halnya dengan Bapak Wakil Presiden pertama kita Drs. Mohammad Hatta, nama R. A Kartini juga diabadikan sebagai nama jalan di Belanda. Namun nama R. A Kartini kayaknya lebih spesial, mungkin karena dia wanita jadi spesial. Hehehehe.

Karena nama R. A. Kartini bukan saja terdapat pada 1 tetapi 4 nama jalan dengan 4 tempat yang berbeda, yaitu R. A. Kartinistraat di kota Utrecth, Kartinistraat di Venlo, Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam dan Kartinistraat di Haarlem.

  1. Sultan Sjahrir – Sjahrirstraat

Sultan Sjahrir yang dulunya pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia, sempat menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam dan kemudian pindah ke Leiden School Of Indology.

Sultan Sjahrir merupakan sahabat dari mantan Perdana Menteri Belanda Wim Schermerhorn. Wim Schermerhorn mengatakan bahwa Sultan Sjahrir terkenal di Belanda sebagai ksatria politik dengan idealisme yang dinggi.

Nama Sultan Sjahrir diabadikan dan dapat kita temui pada 3 tempat yang berbeda di Belanda. Di Leiden nama jalannya Sjahrirstraat, di Kota Gouda nama jalannya Sjahrirsingel, dan di Haarlem nama jalannya Sutan Sjahrirstraat.

  1. Irwan Soejono – Irawan Soejonostraat

Irwan Soejono adalah anak dari salah satu menteri pertama Indonesia yaitu Raden Ario Adipaty Soejono. Mungkin pada masa itu banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal Irwan Soejono. Namun di Belanda beliau memiliki pamor yang besar dan di kenal sebagai pemuda yang gagah berani.

Irwan Soejono pernah menimba ilmu di Leiden dan juga menjadi aktifis pergerakan. Namun beliau belum bisa menikmati kemerdekaan Indonesia. Beliau tewas ditembak oleh tentara SS Nasi – Jerman yang saat itu sedang menguasai Belanda. Akhirnya pemerintahan Belanda memberikan penghargaan kepada beliau dengan mengabadikan namanya pada salah satu jalan di kota Amsterdam Belanda, dan nama jalan tersebut adalah Irawan Soejonostraat.

 

Check Also

Cerita Menegangkan di Atas Pesawat Saat Jokowi Mengunjungi Afghanistan

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengisahkan detik-detik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tetap melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *