Ngomong Dulu Baru Mikir

IndonesiaOne.org – Mulut memang harus dijaga. Ada pepatah mengatakan, mulut mu adalah Harimau mu. Sebenarnya gak ada yang salah dengan mulut kita. Karena mulut diciptakan Tuhan untuk kebaikan. Masalahnya mulut ini sering keluar dari fungsi yang sebenarnya.  Gak heran ada banyak masalah yang terjadi karena mulut mengatakan sesuatu yang melukai hati orang.

Ada istilah lain yang cukup bagus untuk diperhatikan ; “ngomong dulu baru mikir”. Istilah itu muncul karena memang ada banyak hal yang kita ucapkan tanpa melalui proses mikir. Ngomong karena lagi emosi, ngomong karena lagi marah, ngomong karena lagi kesel. Alhasil ada banyak kata tak berguna yang keluar dari mulut kita.

Inget, perkataan karena emosi sesaat membuat masalah yang berkepanjangan. Daripada hidup kita menjadi lelah karena Cuma ngurusin masalah, lebih baik MIKIR DULU BARU NGOMONG. Pilih kata – kata yang tepat sambil meneduhkan emosi. Pilih waktu yang tepat demi dapat diterima dengan baik. Inget baik – baik ; MIKIR DULU BARU NGOMONG! Kalau belum mikir lebih baik jangan ngomong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top