Nih Dia Caranya Agar Hidup Anda Penuh Ucapan Syukur


IndonesiaOne.org – Setiap orang bisa menikmati manfaat saat mengucap syukur setiap hari. Tiga langkah berikut dapat membantumu untuk lebih bersyukur dan menghargai hal-hal baik dalam hidup ini:
1. Perhatian hal-hal baik dan hargai.
2. Rasakan, serap dan perhatikan hal-hal baik dengan saksama.
3. Ekspresikan ucapan syukur tersebut dengan menuliskannya dan ucapkan terima kasih kepada seseorang.

Perhatikan hal-hal baik dalam hidupmu

Mulai perhatikan dan identifikasikan hal-hal yang membuatmu bersyukur. Selaraskan detail-detail kecil dalam hidupmu dan perhatikan hal-hal yang terkadang kamu anggap remeh.
Coba lakukan contoh-contoh berikut ini:
  • Setiap hari, pikirkan 3 hal yang membuat kamu bersyukur. Alam, teman, lingkungan, tempat tinggal. Apa saja yang Tuhan sudah berikan atau sediakan dalam hidup kita sehari-hari. Hidup akan semakin menakjubkan saat kita fokus untuk bersyukur.
  • Mulai buat jurnal ucapan syukur. Dengan berkomitmen untuk menuliskan hal-hal baik hari demi hari memungkinkan akan kita perhatikan ketika hal tersebut terjadi.
  • Lakukan ritual ucapan syukur. Beberapa orang mengucap syukur sebelum makan. Kebiasaan mengucap syukur atau berdoa sebelum makan akan menolong kita untuk memperhatikan dan menghargai berkat jasmani yang tersedia di atas meja.
Sekali kamu menyadari berkat yang diterima sehari-hari, langkah berikutnya adalah menikmatinya.

Rasakan ucapan syukur yang kamu naikkan

Ada saat-saat ketika secara alamiah, kita dipenuhi ucapan syukur. Saat itulah di mana kita berkata kepada diri sendiri, “Wow, luar biasa!” atau “Betapa hebatnya!”

Setelah itu berhenti sebentar. Perhatikan dan serap rasa yang muncul dari ucapan syukur yang murni dan tulus. Berlama-lamalah di sana. Nikmati berkah tersebut saat kita mengalaminya dan kamu dengan tulus menghargainya.

Ekspresikan ucapan syukurmu 

Mengekspresikan ucapan syukur lebih dari sekadar kesopanan, tata krama, atau  menjadi santun. Itu merupakan ekspresi yang keluar dari hati terdalam. Saat kamu berterima kasih kepada seseorang, secara tidak langsung kamu mempraktikkan 2 hal berikut: Kamu memperhatikan sesuatu yang baik sekaligus menghargainya dengan tulus.
Coba lakukan ini:
  • Tunjukkan apresiasimu kepada seseorang yang telah berbuat baik. Katakan: “Terima kasih sudah berbuat baik…,” “Saya sangat menghargainya.. ,” “Saya bersyukur kamu telah membantu…” Bisa juga dengan menuliskan ucapan terima kasih dalam sebuah surat.
  • Ekspresikan ucapan terima kasih dengan melakukan kebaikan. Ucapan terima kasih mungkin menginspirasimu untuk berbuat kebaikan, bersikap tulus atau perhatian. Atau kita melihat waktu yang tepat untuk berbuat baik kepada orang yang juga sudah melakukannya terlebih dahulu. Contoh sederhana seperti membukakan pintu buat orang lain di belakang kita, artinya kita akan menunggu lebih lama dari yang seharusnya. Atau melakukan tugas orang lain tanpa perlu diketahui oleh orang tersebut. Perhatikan apa yang kamu rasakan setelahnya!
  • Katakan kepada orang-orang dalam hidupmu betapa berartinya mereka bagimu. Tell the people in your life how you feel, what they mean to you. Kamu tidak perlu pura-pura atau berlebihan. Lakukan saja dengan nada suara yang tepat seperti yang dirasakan di saat yang tepat. Contoh: “Ma, makan malamnya enak. Terima kasih!” Bahkan pujian sederhana menjadi sangat berarti.
Ucapan syukur yang keluar dari hati tidak akan membuat kamu merasa berhutang sesuatu kepada orang lain – sebaliknya juga jika kamu melakukan sesuatu sesuatu bagi orang lain, kamu juga tidak menuntut orang tersebut untuk mengembalikannya. Hal ini semata-mata tentang memaknai kebaikan dan menciptakan siklus kebaikan.
Orang yang melakukan kebaikan bagimu akan diberkati oleh Tuhan. Begitu juga saat kamu berbuat baik bagi orang lain, Tuhan sekali waktu akan membalaskan kebaikan bagimu (SS)

+ There are no comments

Add yours