Perbedaan BERSERAH dengan MENYERAH, itu beda lho gaez !!

Feature-2

IndonesiaOne.org – Setiap kita pasti akan mengalami adanya tantangan dan cobaan yang berat dalam hidup ini. Ketika kita berada di posisi seperti tidak ada jalan lagi, biasanya kita akan memunculkan 2 respon yakni BERSERAH atau MENYERAH. Tapi kebanyakan kita menggunakan istilah berserah padahal sebenarnya tindakan kita sedang menyerah.

Lalu apa ya perbedaan antara berserah dengan menyerah ?? Jelas pengertiannya ini beda banget gaez, walaupun dari asal kata yang sama. Berikut ulasan IndonesiaOne.org mengenai perbedaan antara berserah dengan menyerah :

.

Menyerah-1

MENYERAH : Sifatnya Pasif

Sifat orang yang menyerah akan selalu pasrah dengan orang-orang ataupun kondisi yang sedang dialaminya. Kamu merasa bahwa situasi yang sedang kamu hadapi ini adalah masalah yang paling berat di antara masalah-masalah yang dihadapi oleh orang lain. Sehingga bagimu tidak ada jalan lain selain hanya meninggalkan atau melarikan diri dari masalah yang ada tanpa ada penyelesaian.

BERSERAH : Sifatnya Aktif

Sifat dari berserah adalah kamu tidak akan pasrah dan menyerah dengan kondisi ataupun orang-orang yang ada di sekitar kamu. Tetapi kamu punya keyakinan teguh bahwa seburuk apapun situasi yang sedang dihadapi, ini semua akan segera berlalu. Dan kamu percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi, itu pastinya mendatangkan kebaikan bagimu.

.

.

Menyerah-2

MENYERAH : Menganggap Tuhan Tidak Adil Bagimu

Kamu akan mulai merasa kecewa dengan Tuhan karena kamu menganggap peristiwa ini seharusnya tidak terjadi padamu. Pada akhirnya kamu berkata bahwa apa yang terjadi dalam dirimu adalah ‘NASIB’. Padahal sesungguhnya perubahan itu tidak terjadi dikarenakan dirimulah yang tidak mau membuka diri alami perubahan dan pasrah dengan keadaan.

Kamu pun akan mulai membanding-bandingkan kehidupanmu dengan kebahagiaan hidup orang lain. Yang hanya kamu lihat adalah sisi kebahagiaan atau keberhasilan orang-orang itu, tanpa mau belajar melihat proses hidup yang Tuhan bentuk sebelum mereka alami kebahagiaan mereka tersebut. Karena percayalah, semua orang sudah pasti melewati PROSES KEHIDUPAN yang terlihat ‘berat dan sulit’, tapi saat mereka berhasil melewatinya maka mereka akan menikmati puncak kebahagiaan dan keberhasilan mereka.

BERSERAH : Mengandalkan Tuhan

Saat menghadapi masalah yang tidak bisa dihadapi sendiri, orang yang berserah akan cenderung ‘lari’ atau mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Orang itu menyadari bahwa tanpa Tuhan ia tidak bisa melakukan apa-apa karena kekuatan yang sejati hanyalah berasal dari padaNya. Kamu juga mengerti bahwa ide/ kreativitas/ hikmat bagi jalan keluar dari permasalahanmu itu hanyalah di dalam Tuhan.

.

.

Menyerah-3

MENYERAH : Sering Keluar Energi dan Perkataan yang Negatif Dalam Dirimu

Kecenderungan mengeluarkan perkataan yang negatif akan sering keluar dari dirimu dibanding ucapan syukur. Hal ini disebabkan karena perasaan negatif serta konflik batin yang terus menekan dan tidak tertanggulangi. Sudah pasti seseorang yang sering mengeluarkan perkataan yang negatif, sesungguhnya hatinya sedang dipenuhi dengan luka dan konflik.

Ada baiknya kamu membaca 10 Ciri Seseorang Yang Ternyata Hatinya Sedang Terluka ! ,untuk mengetahui apakah kamu termasuk orang yang ternyata sedang terluka hatinya.

BERSERAH : Selalu Ada Ucapan Syukur Dalam Batin

Akan selalu keluar ucapan syukur dari hati dan bibirmu bahwa seberat apapun masalah yang menekanmu, karena kamu percaya bahwa Tuhan itu baik dan semuanya ini mendatangkan kebaikan bagi dirimu. Dengan demikian, secara otomatis masalah tersebut tidak akan lagi menekan dirimu, karena kamu telah belajar untuk terus mengalirkan energi positif serta membuang energi negatif yang ada di sekitarmu.

.

.

Menyerah-4

MENYERAH : Kehilangan Tuntunan Hati Nurani

Biasanya di posisi seperti ini, kamu menjadi sulit dan kurang bisa percaya dalam hal mendengarkan suara hati nurani. Sehingga akhirnya kamu menjadi pasif dan tidak melakukan apapun bagi perubahan dan kemajuan kehidupanmu. Yang kamu dengarkan hanyalah perasaan dan emosimu semata. Dan pada akhirnya keputusan-keputusan yang salah pun menjadi pilihanmu.

BERSERAH : Mengikuti Tuntunan Hati Nurani

Apapun yang kamu lakukan, kamu akan selalu mengikuti tuntunan hati nuranimu dan bukan ego, emosi ataupun perasaanmu. Dengan kamu terus mengikuti suara nuranimu itu maka kamu selalu dapat mengambil keputusan dengan tepat dan bijaksana. Bahkan seringkali Tuhan akan berbicara kepadamu melalui hati nurani yang kamu miliki. Maka dari itu pastikan kamu terus mendengarkan suara hati nuranimu.

.

.

Menyerah-5

MENYERAH : Takut Mencoba Hal yang Baru (PESIMIS)

Sudah pasti kamu menjadi tipe orang yang takut melakukan hal yang baru dan ragu untuk memulai suatu pembaharuan. Kamu selalu bersikap pesimis dalam menghadapi kehidupan yang ada dan tidak berusaha mencari jalan keluarnya. Yang ada di benakmu hanya “GAGAL.. GAGAL.. DAN AKAN SELALU GAGAL..

Itulah perbedaan yang harus kamu mengerti antara BERSERAH dengan MENYERAH.!! Jadi saat kamu sedang menghadapi masalah, kamu akan bisa mencek, apakah kamu sedang BERSERAH atau justru sebenarnya sedang MENYERAH !!!. Semoga kamu memutuskan untuk BERSERAH KEPADA TUHAN !!!

BERSERAH : Do The Best & Never Give Up (OPTIMIS)

Kamu akan selalu melakukan dan memberikan kemampuan terbaikmu di dalam segala tindakan yang kamu lakukan. Apabila gagal kamu tidak akan menyerah, namun justru kamu makin membangkitkan semangatmu dan terus berpikiran optimis. Sambil kamu terus mencoba dan mencoba lagi sampai fakta hidupmu mengalami perubahan. Kamu sangat yakin, bahwa bagimu akan selalu ada jalan keluar bagi mereka yang terus berusaha dan mengandalkan Tuhan.

(so)