Persepsi Tentang Orang Lain Mengungkapkan Kepribadian Anda Sendiri

tentang orang lain

Apa yang Anda “katakan tentang orang lain”,  sebenarnya mengatakan banyak “tentang diri Anda sendiri”

Bagaimana Anda memandang orang lain dengan positif, sebenarnya berhubungan dengan seberapa bahagianya Anda, seberapa baik hati Anda dan seberapa stabil emosi Anda. Hal itu merupakan hasil penelitian Profesor Psikologi di Wake Forest University.

“Persepsi Anda tentang orang lain mengungkapkan begitu banyak tentang kepribadian Anda sendiri,” kata Dustin Wood, asisten profesor psikologi di Wake Forest dan penulis utama studi ini. Wood dan para peneliti meminta peserta studi (katakanlah bernama A,B,C) untuk menilai karakteristik positif dan negatif dari  tiga orang. Dari hasil nya, para peneliti dapat mengetahui informasi penting tentang  peserta studi A,B,C. Informasi yang didapat mengenai kesejahteraan mereka, kesehatan mental mereka, sikap bersosial mereka, dan bagaimana kecenderungan mereka dalam menilai orang lain.

Studi ini muncul pada “Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial”, Juli 2010. Peter Harms di University of Nebraska dan Simine Vazire dari Universitas Washington di St. Louis ikut menulis penelitian ini.

Para peneliti menemukan bahwa kecenderungan seseorang untuk menggambarkan orang lain secara positif merupakan indikator penting dari sifat positif kepribadian orang tersebut. Mereka menemukan hubungan yang sangat kuat antara menilai orang lain dengan positif dan seberapa antusias, bahagia, baik hati, sopan, stabil secara emosional orang tersebut dan seberapa mampu orang tersebut menggambarkan dirinya sendiri dan digambarkan oleh orang lain.

“Melihat orang lain secara positif mengungkapkan sifat positif kita sendiri,” kata Wood.

Studi ini juga menemukan bahwa seberapa positif Anda melihat orang lain menunjukkan seberapa puas Anda dengan kehidupan Anda sendiri, dan seberapa Anda disukai orang lain.

Sebaliknya, persepsi negatif mengenai orang lain memiliki kaitan dengan tingkat narsisisme (kecintaan pada diri sendiri) dan perilaku antisosial yang lebih tinggi. “Serangkaian sifat kepribadian negatif dapat dikaitkan dengan perilaku menilai orang lain secara negatif,” kata Wood. “Kecenderungan untuk melihat orang lain secara negatif menunjukkan kemungkinan depresi dan berbagai gangguan kepribadian lainnya.”  Memberi persepsi negatif pada orang lain dapat memulai beberapa gangguan kepribadian, jadi menemukan cara untuk melihat orang lain dengan lebih positif dapat menghentikan sifat/pola perilaku negatif terkait dengan gangguan kepribadian, jelas Wood.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika Anda meminta seseorang untuk menilai kepribadian rekan kerja atau kenalan tertentu, Anda mungkin akan dapat belajar banyak bahwa mereka akan menilai orang tersebut sesuai kepribadian mereka sendiri. Tingkat negatif yang digunakan penilai A dalam mendeskripsikan orang lain mungkin memang menunjukkan bahwa orang lain memiliki karakteristik negatif, namun mungkin juga menandakan bahwa penilai A tidak bahagia, tidak menyenangkan, gelisah – atau memiliki ciri kepribadian negatif lainnya.

Para penilai dalam penelitian ini terdiri dari sekelompok teman-teman yang saling menilai satu sama lain, lalu mahasiswa-mahasiswi baru dalam satu asrama yang saling menilai satu sama lain, dan anggota-anggota organisasi yang menilai rekan di organisasinya. Dalam semua sampel, seberapa positif penilaian mereka ternyata didapati berkaitan dengan karakteristik mereka sendiri.

Sumber : https://www.sciencedaily.com/releases/2010/08/100802165441.htm  (August 3, 2010, Wake Forest University)

Jadi, seberapa positifkah Anda ?

Karena itu, seperti yang peneliti diatas temukan, mari kita berlatih untuk melihat sisi positif orang-orang disekitar kita, melatih berpikir lebih positif mengenai lingkungan kita, sehingga kita dapat melihat lebih jelas kebahagian dalam hidup kita.  Dan niscaya kesehatan selalu menyertai kita. (Karena hati yang gembira akan membuat tubuh kita sehat. )

Mari kita lebih mensyukuri segala sesuatu yang ada pada kita dan disekitar kita.

Penterjemah : Yunike