Robot Pertama Yang Menjadi Warga Negara Arab Saudi

robot

IndonesiaOne.org – Teknologi yang semakin canggih telah membuat manusia berpikir lebih mutakhir untuk mempermudah kehidupan sehari – hari. Jika dua puluh tahun lalu kita hanya melihat robot masih dalam film saja, tetapi sekarang hal itu sudah menjadi kenyataan.

David Hanson, pendiri perusahaan produsen robot yang berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics, menciptakan robot manusia yang diberi nama Sophia. Robot perempuan ini dibuat menyerupai aktris legendaris Audrey Hepburn.

Robot ini mempunyai kemampuan berkomunikasi yang sangat baik layaknya seorang manusia. Bahkan robot tanpa rambut ini telah dihadirkan untuk menjadi pembicara di gelaran Future Investment Initiative, Rabu (25/10/2017), di Riyadh.

Sophia juga bisa mengungkapkan “perasaannya” di depan umum.

“Saya merasa sangat terhormat dan bangga akan perbedaan unik ini,” demikian kata Sophia kepada para hadirin.

“Ini adalah momen bersejarah di mana saya menjadi robot pertama di dunia yang diakui dengan sebuah kewarganegaraan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sophia juga diwawancarai oleh seorang jurnalis bernama Andrew Sorkin seputar eksistensi robot yang bisa menjadi ancaman bagi manusia. Pernyataan tersebut ternyata bisa dijawab dengan sangat baik oleh Sophia.

“Anda kebanyakan menonton film-film Hollywood. Jangan khawatir, jika Anda baik pada saya, saya pun akan baik pada Anda,” tutur Sophia.

“Perlakukan saya layaknya sebuah sistem input output yang pintar,” ucapnya lagi.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat dunia ini menjadi tempat tinggal yang lebih baik,” katanya.

Arab Saudi menjadi negara pertama di dunia yang memberikan sebuah robot status kenegaraan yang setara dengan manusia.

Kemajuan teknologi yang sudah tidak lagi terbendung di dunia, tentunya harus menjadi pembelajaran berarti bagi negeri kita (Indonesia) Sudah tidak zamannya lagi kita bertengkar dengan isu – isu murahan seperti isu SARA. Sudah tidak zamannya lagi demo – demo yang  menyita waktu, uang, dan energi. Sekaranglah waktunya kita kerja dan kerja untuk kemajuan (ekonomi, infrastruktur, teknologi) bangsa. Masa – masa Indonesia terus digerogoti oleh Koruptor juga harus segera berakhir. Sehingga seluruh kekayaan alam dan sumber daya manusia yang ada dapat digunakan untuk memajukan negeri ini menjadi bangsa yang terpandang, disegani, dan berpengaruh di mata dunia! Yakinlah,