Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Berita Umum / Seluruh Kementrian Mendukung Sektor Pariwisata Indonesia

Seluruh Kementrian Mendukung Sektor Pariwisata Indonesia

IndonesiaOne.org – Keindahan alam Indonesia bisa menjadi modal utama untuk menarik wisatawan. Hal ini menjadi pemacu pariwisata menjadi sektor prioritas yang sebelumnya pariwisata seperti dinomorduakan. Sektor pariwisata diharapkan menjadi leading sektor guna menambah devisa negara. Guna mencapai target yang ditetapkan pemerintah, yaitu datangnya 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang, Presiden meminta seluruh kementerian/lembaga agar mendukung sektor pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata, Ahmad Yahya, dalam sambutannya pada penutupan Konferensi Web In Travel (WIT) A New Dawn Rises di Nusa Dua, Bali, Kamis (30/4) , mengatakan . berkembangnya sektor pariwisata akan membuka banyak lapangan kerja, dan menambah gairah pertumbuhan industri kreatif dan perekonomian masyarakat. Diharapkan sektor pariwisata dapat menjadi salah satu nadi bagi  peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Konferensi WIT Indonesia ini berfokus pada industri pariwisata online, adaptasi dari Konferensi WIT Singapura, yang dikenal sebagai online travel terbesar di Asia Pasifik.  Konferensi ini dianggap mampu menarik para pelaku industri teknologi, distribusi dan pemasaran travel.

Melalui video “Wonderful Indonesia”, yang diputar dalam forum ini, Indonesia berharap tercapai target 20 juta kunjungan wisatawan hingga 2015 mendatang. Lebih dari 30 pembicara dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia, juga berbagai merek terkemuka di dunia seperti Booking.com, Expedia, TripAdvisor, Google dan Facebook, membahas trend dan isu terkini di industri pariwisata online, serta peluang yang dimiliki oleh pasar di Indonesia.

Berikut ini beberapa trend yang mencuat dalam konferensi WIT:

1)  Tourism in Indonesia is on the rise;

2)  The future is bright;

3)  The numbers are promising;

4)  The customer goes mobile;

5)  Sinergi antar pengusaha di bidang pariwisata nasional dan internasional semakin berkembang: low fare price, promotion price, dan lain-lain;

6)  Dukungan pemerintah yang nyata dalam pengembangan sektor pariwisata: VOA, Free Visa for many countries, dan lain-lain.

Pemesanan pariwisata secara online pada tahun 2014 mengalami kenaikan mencapai 37 persen dibanding  2013. Angka ini menempatkan Indonesia pada posisi kedua dengan pertumbuhan pasar perjalanan online tercepat di Asia Pasifik. India di papan atas dengan pertumbuhan mencapai 39 persen.

Indonesia merupakan pasar keenam terbesar di dunia dalam hal penggunaan Internet, dengan jumlah hampir 83,7 juta pengguna. Sekitar 24 persen dari jumlah total populasi memiliki smartphone, sementara 84 persen memiliki telepon genggam. Telepon genggam diperkirakan akan menggeser game menyusul keputusan pemerintah yang telah memberikan izin kepada empat penyedia jasa seluler untuk pengembangan 4G LTE di tahun 2015.

WIT mengembangkan sinergi dan fasilitas yang memudahkan pelaku usaha pariwisata maupun pelancong. Cukup dengan menginput dan ketikan jari di smartphone, tablet atau komputer, mereka akan  memiliki pengalaman yang menyenangkan dalam kegiatan pariwisatat. Pada akhirnya, sinergi lokal, nasional maupun internasional, dipadukan kecanggihan dan fasilitas internet/online  menjadi  bagian dari kehidupan masyarakat.

sumber : setkab.go.id

Check Also

Cerita Menegangkan di Atas Pesawat Saat Jokowi Mengunjungi Afghanistan

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengisahkan detik-detik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tetap melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *