Seorang Pria Terbang Sejauh 25 KM Mengendarai 100 Balon Helium, Terinspirasi dari Film “UP”

Terbang dengan Balon Udara

Seorang petualang asal Inggris baru-baru ini menjalani pengalaman yang sangat unik yaitu terbang setinggi 8000 kaki dengan bermodalkan balon helium berwarna warni. Pria ini mengaku terinspirasi dari film animasi “UP” yang dibuat oleh Pixar pada tahun 2009.

The Adventurist adalah perusahaan penjelajah yang berlokasi di Bristol, Inggris. Mereka menawarkan liburan yang tidak biasa bagi setiap orang yang menginginkan petualangan yang lain daripada yang lain. Beberapa project sebelumnya  yang tidak kalah “gila” adalah perjalanan menembus pegugunung Himalaya hanya memakai Bemo, juga menjelajahi Danau beku terbesar di dunia dengan mengendarai motor.

Petualangan GIlaBerbagai petualangan “Gila”

Setiap petualangan “gila” tersebut bertujuan untuk mengumpulkan dana sumbangan, dan telah mengumpulkan lebih dari 5 juta PoundSterling. Project pengumpulan dana yang terakhir, yaitu terbang dengan 100 buah balon helium, dengan seorang awak asli di dalamnya.

Petualangan gila ini dilakukan dengan jarak sejauh 25 km, dengan ketinggian 800 kaki dari tanah. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, tim the adventurist memutuskan untuk melakukan aksi terbang tersebut di Utara Johannesburg, Afrika Selatan.

Tom Morgan, pendiri dari The adventurist menjadi awak kumpulan balon terbang tersebut. Ia dan timnya menghabiskan waktu 2 hari untuk mengisi penuh seluruh balon dengan helium. Pada tanggal 23 Oktober 2007, Morgan lepas landas mengendarai 100 buah balon helium dengan diperlengkapi berbagai peralatan keselamatan. Pada awalnya, ia naik dengan perlahan-lahan, namun dengan cepat balon tersebut berakselerasi dengan cepat saat mencapai lapisan inversi di atmosfer.

Adventurist3 Adventurist4

“Aku harus tetap tenang, dan secara bertahap memotong beberapa balon agar kecepatannya tetap seimbang. Pengalaman ini sungguh menakjubkan, terbang diatas benua Afrika dan duduk diatas kursi kemping yang diikat pada seratus balon.”

Perjalanan seru ini berlangsung selama 2 jam penerbangan, dan memiliki resiko yang sangat tinggi. Angin yang kencang, balon yang meletus, serta kondisi langit yang berubah-ubah membuat Morgan dapat dengan seketika terjatuh dan kehilangan keseimbangan.

Ide terbang dengan balon helium ini sebenarnya sudah banyak bermunculan, namun baru kali ini seseorang berhasil merealisasikannya.

Wah seru ya…