Suka Duka Anak Kost di Bulan Ramadhan

286
26-SukaDuka

Indonesiaone.org – Bulan Ramadhan adalah saat yang penuh berkah yang kehadirannya selalu dirindukan dan ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Setiap elemen masyarakat pastinya memiliki cerita yang seru yang terjadi saat bulan puasa ini. Tidak terkecuali anak kost yang jauh dari keluarga dan memiliki cerita tersendiri, baik suka maupun duka.

Mau tau apa saja suka dukanya ? Ini dia beberapa diantaranya :

1. Sahur Nggak ada yang Bangunin.

Sahur Sendiri

Pengalaman berpuasa di kostan pasti jauh berbeda dengan menjalankannya di rumah. Kalau kita masih tinggal dengan orangtua, pasti bisa tenang bangun sahur karena ada keluarga yang membangunkan sahur.

Tapi kalau sudah ngekost, pasti keadaannya berbeda. Selain nggak ada yang bangunin, sahur pun akan terasa lebih sepi tanpa kehadiran keluarga yang menemani. Apalagi kalau jomblo, uhh.. ga ada yang bangunin deh haha…

2. Menu Sahur adalah Problematika Kehidupan yang Hakiki.

Sarapan Miris

 

Jadi anak kost memang harus mandiri dan menyiapkan semuanya serba sendiri, termasuk menyiapkan sahur. Kalau tadi masalah pertama adalah bangun sahur, masalah berikutnya adalah menu yang akan dimakan.

Kalau buat kamu anak kost yang cewek atau yang jago masak mungkin ga masalah, tapi kalau kemampuan masak kamu cuma sebatas masak air, perkara menu sahur ini adalah problematika kehidupan tersendiri wkwkwkwk

Solusinya biasanya, kamu harus membeli dan menyiapkan stok makanan sedari malam, atau ujung-ujungnya terpaksa makan mie instan. Kamu juga bisa mencoba hal baru membuat roti bakar dengan menggunakan setrika. Rasanya lumayan enak kok…

3. Mati kutu nyari warung yang buka.

Warung Tutup

 

Saat bulan puasa, menemukan warung makanan yang buka tidak semudah menemukan warung seperti biasanya. Bagi kamu yang berhalangan menjalankan puasa dan ingin membeli makanan ke warung makanan, terpaksa harus gigit jari karena rata-rata warung makanan tutup dan baru buka sore hari saat di bulan puasa.

4. Buka puasa gratis adalah berkah bagi anak kost.

Berbuka Gratis

Nah kalau yang ini pasti nggak pernah dilewatkan oleh anak-anak kost. Buka Puasa Gratis bro/sis wkwkwk…

Sebagai anak kost, boleh aja sewaktu sahur kita makan dengan “prihatin”, tapi saat berbuka inilah saatnya memperbaiki nutrisi tubuh. Anak-anak kost pasti sudah hafal, dimana saja tempat yang menyediakan buka puasa gratis, bahkan sudah hafal setiap hari apa saja buka puasa gratis diadakan hahaha..

Mulai dari yang hanya disediakan takjil saja, hingga menu berbuka lengkap dengan pencuci mulut. Berkah selama bulan puasa ini selain membuatmu bersilaturahmi dengan banyak sesama umat yang juga menjalankan ibadah puasa, kamu juga menyehatkan isi dompetmu.

Perlu diingat meskipun berbuka gratis, jangan makan berlebihan ya.., agar kamu bisa tetap khusyuk dan ga kekenyangan saat menjalankan shalat tarawih.

5. Kenalan baru, teman baru, keluarga baru saat berbuka bersama.

Buka Puasa Bareng

Momen berbuka puasa memang penuh dengan kehangatan dan kekeluargaan. Salah satu hal yang tidak akan terlupakan adalah saat menghabisakan waktu berbuka bersama teman-teman kost, tetangga, atau warga di sekitarmu. Suasana berbuka yang akrab dan ramah membuatmu mudah untuk berbaur dan bersosialisasi dengan teman dan kenalan yang baru.

Merekalah orang-orang yang menjadi keluarga baru saat kamu sedang hidup merantau. Mereka juga kadang menemanimu shalat bareng setelahnya.

Meskipun kehidupan anak kos terkesan ngenes saat ramadan tiba, namun bila kita tahu cara melewatinya pasti semua terasa ringan dan menyenangkan. Dan yang terpenting memaknai dan menjalankan ibadahnya dengan taat.