Home / SARA - SELALU ADA HARAPAN / Berita Umum / Superman yang perkasa kalah melawan hukum di Indonesia

Superman yang perkasa kalah melawan hukum di Indonesia

Selain Batu Kryptonite, ternyata Superman yang sangat perkasa juga takluk oleh sistem hukum di Indonesia.

Superman yang perkasa mungkin kebal terhadap apapun kecuali batu kryptonite, tapi ternyata Superman juga  kalah oleh sistem hukum Indonesia sebagaimana yang dibuktikan oleh kasus yang baru-baru ini terjadi dimana DC Comics, perusahaan Amerika yang memiki hak resmi untuk ikon superhero tersebut kalah dalam sebuah gugatan pelanggaran hak cipta melawan PT Marxing Fam Makmur.

Pada bulan April 2018, DC Comics mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap PT Marxing Fam Makmur, sebuah perusahaan makanan dan minuman yang berbasis di Surabaya yang memiliki hak intelektual atas nama merek Superman dan sejenisnya di Indonesia. Khususnya untuk produk makanan ringan termasuk biskuit, es krim, cokelat, dan banyak lagi.

Gugatan itu muncul setelah DC gagal mendaftarkan merek dagang untuk pahlawan ikonik mereka tersebut di Indonesia karena terblokir oleh lisensi PT Marxing yang sebelumnya telah ada. Secara mengejutkan, DC kalah dalam gugatan Hak Cipta tersebut di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, meskipun DC berpendapat bahwa Superman adalah karakter dan merek yang sudah terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. DC juga berpendapat bahwa PT Marxing tidak memiliki itikad baik dan mendaftarkan merek dagang tanpa izin DC.

DC mengajukan banding atas putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat ke Mahkamah Agung, namun putusan Mahkamah Agung pun menguatkan keputusan Pengadilan Niaga.

“Gugatan penggugat tidak dapat diterima karena tidak jelas,” Mahkamah Agung memutuskan untuk mendukung PT Marxing dalam dokumen putusan gugatan tersebut.

PT Marxing adalah perusahaan makanan dan minuman yang bekerjasama dengan PT Siantar TOP untuk memperoduksi dan mendistribusikan biskuit dan wafer cokelat dengan tema Superman. Bagi anda yang tumbuh dan besar di Indonesia pada tahun 90-an, pasti akrab dengan wafer yang satu ini, dengan warna oranye yang khas dan tersebar di berbagai  warung dan kios.

.

Check Also

Pesan Jokowi Pada TNI – Polri : Halau Paham Yang Tidak Sesuai Pancasila dan Rangkul Masyarakat

IndonesiaOne.org – “Saya mengajak TNI-Polri untuk terus merangkul elemen di masyarakat. Kami berharap bersama membangun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *