Syarat-syarat Lucu dan Unik Untuk Jadi PNS

CPNS unik

Tahun 2017 ini, Pemerintah secara besar-besaran membuka sebanyak 17.928 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Lowongan barusan dibuka untuk mengisi jabatan di 30 Kementrian , 30  di lembaga,

Di tahun 2017 pemerintah membuka sebanyak 17.928 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi jabatan di 30 Kementerian dan 30 jabatan di Lembaga, dan  sebanyak 500 posisi untuk  Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Namun ada yang unik pada penerimaan CPNS di tahun 2017 ini, yaitu ada beberapa kriteria yang tidak lazim dan mungkin belum pernah ada pada penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Inilah kriteria-kriteria atau syarat unik yang pada penerimaan CPNS tahun 2017 :

1. Bukan Perokok & Lihai Berenang

Ini adalah salah satu dari 22 syarat yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan. Selain itu untuk para CPNS yang akan di tempatkan pada kantor kesehatan pelabuhan, diutamakan para pria yang bersedia bekerja 24 jam, dan tentunya lihai dalam berenang.

Berenang

2. Pawang Anjing

Syarat yang satu ini adalah syarat yang ditentukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Syarat ini dikhususkan untuk formasi pelatih dan pawang anjing pelacak untuk narkotika. Jadi BNN sangat mengutamakan para pelamar yang memiliki sertifikat dan pengalaman sebagai pawang anjing.

Anjing

3. Maksimal Punya 2 Anak

Selayaknya dalam programnya dan juga slogannya yaitu dua anak cukup, maka Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) juga menggunakan slogan tersebut sebagai salah satu dari 14 syarat yang ditentukan oleh BKKBN. Yaitu bagi para pelamar yang sudah menikah, hanya diutamakan yang memiliki maksimal dua orang anak.

Meme keluarga berencana

Meme keluarga berencana

4. Bukan Isteri Kedua

Syarat ini mungkin anda pikir hanyalah suatu candaan belaka. Tapi syarat tersebut benar adanya. Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) mencantumkan syarat tersebut dari 13 syarat yang mereka keluarkan. Yaitu pada syarat ke-12 yang menuliskan bagi wanita yang sudah menikah tidak menjadi isteri kedua dan seterusnya.

Poligami

5. Berat Badan Ideal

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki syarat yang jika anda termasuk dalam golongan orang yang berbadan gendut akan memikir dua kali sebelum memasukan surat lamar anda. Karena dalam syarat tersebut, Kemenhub menuliskan para pelamar harus memiliki berat badan yang ideal, dan tidak boleh terlalu gendut. Standart berat badan ideal berpatokan pada Body Mass Index (BMI).

Kurusan

Wah lucu juga ya syarat-syaratnya.., apakah kamu memenuhi syarat-syarat diatas?

Penulis : Michael V.