Takut Diselingkuhi / Menyelingkuhi ?? Tolak Dengan ‘6 P’ Ini !!!

Takut Diselingkuhi Menyelingkuhi

IndonesiaOne.org – Saat ini banyak sekali kasus atau kisah-kisah perselingkuhan yang dipertontonkan melalui surat kabar, tv, film maupun media sosial lainnya seperti facebook, instagram, path dsb. Alhasil tidak sedikit dari masyarakat menjadi resah serta kuatir akan keberlangsungan hubungannya dengan suami/istrinya. Keresahan ini juga menjamur di kalangan anak-anak muda yang belum memiliki pasangan hingga membuat mereka menjadi takut apabila kelak pasangannya akan ‘bermain api’ di belakang mereka.

Lalu apakah kamu salah satu orang yang juga terpengaruh menjadi takut jika kelak akan diselingkuhi oleh pasanganmu ?? Atau justru kamulah yang merasa tidak yakin apakah suatu saat bisa setia dengan pasangan atau tidak ??

Nah untuk menjadi sosok yang ‘SETIA’ akan pasangan itu sesungguhnya hal yang mudah. Berikut IndonesiaOne.org berbagi bagaimana cara agar kamu tidak diselingkuhi atau justru menyelingkuhi pasanganmu :

1. Persekutuan yang Sehat Dengan Tuhan

Takut  Diselingkuhi  MenyelingkuhiUntuk menjadi sosok yang setia, pastikan kamu mempunyai kerohanian yang baik dengan cara membangun persekutuan yang sehat dengan Si Pencipta (seperti doa dsb). Karena hanya dengan seseorang mendekatkan diri kepada Tuhan maka ia akan menjadi sosok yang akan terus memiliki kebenaran dalam hidupnya.

Lalu apa hubungannya dengan perselingkuhan ?? Pastinya sangat berhubungan karena saat kamu memiliki kerohanian yang sehat maka prinsip nilai kebenaran seperti kesetiaan, kejujuran, kesucian dan lain sebagainya akan menjadi sifat serta karaktermu dalam membangun suatu hubungan. Sehingga tindakan perselingkuhan akan sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Tapi banyak juga tuh orang yang kelihatannya rohani tapi kenyataannya suka selingkuh !! Nah untuk kasus seperti ini, permasalahannya terletak pada orang itu sendiri. Pasti ada yang salah dalam membangun persekutuan yang sehat dengan Sang Pencipta. Karena seseorang yang benar-benar memiliki kerohanian yang sejati akan sangat menghargai kesucian dari sebuah hubungan serta mendedikasikan diri untuk tetap setia hanya kepada pasangan hidupnya.

2. Pola Komunikasi yang Baik dan Sehat

Takut  Diselingkuhi  MenyelingkuhiKamu harus terus menggunakan pola komunikasi yang baik dan sehat kepada pasangan, caranya mudah :

  • Selalu pakai perkataan yang positif dan membangun kepada pasangan
  • Gunakan intonasi suara yang baik dalam berbicara ke pasangan
  • Jangan pernah keluar umpatan atau makian ke pasangan

Mungkin bagi sebagian dari kamu ini hal yang cukup berat, mengetahui bahwa pasanganmu selalu membuat hatimu kesal, marah, curiga dsb. Namun mulailah untuk belajar membangun komunikasi yang sehat terlebih dahulu. Karena langkah pertama memang terlihat berat, tapi percayalah langkah berikutnya tidak seberat sebelumnya justru kita akan mulai menikmati membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan.

3. Percaya Satu Sama Lain Dengan Cara Saling Terbuka

Takut  Diselingkuhi  MenyelingkuhiJika kamu sudah memasuki bahtera rumah tangga, maka tidak boleh ada satu apapun yang ditutup-tutupi dari pasangan. Apapun yang terjadi dalam diri kita, pasanganlah yang harus mengetahuinya terlebih dahulu. Dengan cara ini, kita akan menghilangkan rasa curiga satu sama lain dan membangun rasa percaya kepada pasangan.

“Terbukalah satu sama lain tanpa harus takut terluka”

Karena sebuah hubungan jika dibangun dengan tidak adanya rasa kepercayaan, maka sangat dengan mudah diombang-ambing dengan isu-isu keretakan dalam rumah tangga. Sebuah kepercayaan adalah hal yang sangat penting bagi pasangan. Untuk itu, selalu tanam di pikiran kita bahwa pasangan kita adalah seseorang yang sangat mencintai kita dan tidak akan ada pria/ wanita lain yang bisa menggantikan posisi kita dalam hidupnya.

4. Pahami Kelemahan Pasangan

Takut  Diselingkuhi  MenyelingkuhiJika pasangan sudah berani untuk terbuka akan kelemahannya, respon pertama yang harus kamu lakukan adalah coba mendengarkan dengan baik dan belajar menerima kelemahan tersebut. Jangan pernah menyudutkan atau menyalahkannya karena kelemahannya tersebut. Sadarilah, pasangan kita juga adalah seseorang yang masih terus belajar di dalam kehidupan ini, sama seperti kita yang juga tidak luput dari kesalahan/ kelemahan yang ada.

Untuk itu, jika pasangan sudah memberanikan diri untuk terbuka, dengan pola komunikasi yang baik (ada di poin 2) mulailah merangkulnya kembali dan memulihkan hubungan kita yang sempat renggang dengan pasangan. Meski mungkin perubahan dalam diri pasangan kita membutuhkan proses dan waktu, tetapi sebagai teman pasangan hidup kamu harus terus mensupportnya. Teruslah beri pengharapan dan kasih sayang kepadanya, karena hanya kasih dan cintalah yang bisa melunakkan hati seseorang.

5. Penghargaan Kepada Pasangan

Takut  Diselingkuhi  MenyelingkuhiAda kalanya kamu harus memberikan penghargaan, kejutan atau pujian sebagai bentuk sayang, ucapan terima kasih ataupun support untuk pasangan. Banyak cara yang sederhana yang bisa dilakukan untuk mewujudkan penghargaan tersebut :

  • Selalu bersyukur dan mengucapkan terima kasih dengan apapun yang telah diberikan pasangan kepadamu. Dan sebaliknya kamu pun juga harus tetap bersyukur dengan kondisi saat ini yang meski si pasangan belum bisa memberikan apa yang kamu inginkan.
  • Jangan lupa untuk memberikan kata-kata pujian ke pasangan.
  • Berikan kejutan-kejutan kecil sebagai ungkapan sayang kita kepada pasangan. Tidak perlu membeli barang baru yang mahal namun kamu bisa menggunakan kreativitas untuk menghasilkan sebuah kejutan yang manis dan yang akan diingat terus menerus.

6. Prioritaskan Pasangan Lebih Dari yang Lain

Takut Diselingkuhi Menyelingkuhi 2“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Pasangan yang telah dipersatukan dalam ikatan pernikahan yang suci menjadi orang yang terpenting dalam hidup ini. Kamu harus bisa mencintainya sama seperti kamu menyayangi dirimu sendiri. Bahkan mungkin di antara kamu yang telah memiliki anak, sesungguhnya pasangan hidup kitalah yang harus diprioritaskan. Bukan berarti menelantarkan anak, tetapi yang dimaksud di sini adalah apapun masalah yang terjadi (entah itu berasal dari anak, orangtua kita, pekerjaan dsb). Pastikan ikatan hubungan kita dengan pasangan tidak menjadi renggang. Kita harus menyingkirkan ego masing-masing dan memiliki mentalitas, “seberat apapun masalah yang ada, harus dihadapi bersama-sama dengan pasangan. Dan pasti akan ada selalu jalan keluar”.

Jika kamu tidak memiliki sikap dan mentalitas seperti ini, lambat laun kamu akan mulai mengadopsi keyakinan bahwa pasanganmu (suami/istri) adalah orang yang tidak tepat untuk dijadikan teman pendamping seumur hidup. Dan akhirnya pernikahan berujung pada perceraian.

Maka dari itu pastikan kamu memiliki ‘6P’ dan ketakutan akan perselingkuhan pun akan jauh daripada keluargamu kelak. Dan satu lagi tips bagi kamu yang belum menikah, kamu harus benar-benar memastikan calon pasanganmu adalah orang yang terbaik yang Tuhan beri untukmu.

Penulis : Sherlynda Oktavia