Tim Cyber Polri Siap Usut Akun Pemecah Belah Bangsa

158
Tim Cyber Polri Siap Usut Akun Pemecah Belah Bangsa

IndonesiaOne.org – Polri telah menyiapkan personil di beberapa satuan kerja untuk melakukan patroli cyber atau internet. Tim Patroli ini berada di Intel, reserse, dan juga humas kepolisian. Tugas dari pada kesatuan tersebut adalah mengawasi akun – akun yang berupaya memecah belah bangsa, lewat berita atau kabar di media sosial.

Tim patroli ini akan mendalami akun – akun yang menebar kebencian sebelum melakukan penindakan hukum sesuai dengan undang – undang informasi dan elektronik atau UU ITE.

Dalam safari ramadan di Rembang, Selasa (06/06/2017) Kapolri Tito Karnavian Menegaskan bahwa Polri akan memperkuat ITE mereka.

“Makanya kita perkuat. Saya di POLRI memperkuat kekuatan cyber kita. Mulai dari Bareskrim ada direktur cyber yang dulunya adalah seorang Kombes, sekarang Brigjen. Kemudian di Humas ada namanya Karumultimedia. Dulunya tidak ada. Untuk melakukan internet Patrol, ujar Tito.”

Tidak hanya itu, beliau juga mengatakan akan memperkuat bagian Intelijen Polri.

“Kemudian yang ketiga di intelijen ada Karukamsus yang menangani masalah ITE. Jadi kita perkuat kemampuan ITE kita. Tapi lebih dari itu sebetulnya perlu ada unsur, perlu ada upaya – upaya pencegahan, sambung Kapolri.”

Dalam safari Ramadhan di kediaman Gus Mus, Tito menceritakan kondisi bangsa dan negara Indonesia saat ini yang tengah memanas dalam konflik sosial di masyarakat dengan mengangkat isu-isu perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.