Home / BERANI - BERTEKAD dan NIAT / Relationship / Tips Mengatasi ‘CaMer’ atau Mertua yang Cerewet !!

Tips Mengatasi ‘CaMer’ atau Mertua yang Cerewet !!

IndonesiaOne.org – Bagi kalian pasangan muda atau yang sedang dalam masa penjajakan, pastinya akan berhadapan dengan orangtua dari masing-masing pasangan kita.

Apalagi sebuah pernikahan tidak hanya berbicara mengenai ‘dua insan’ yang dimabuk cinta saja. Namun pernikahan juga menggabungkan dua keluarga dari latar belakang yang berbeda menjadi satu keluarga besar. Tetapi dalam proses penggabungan tersebut, seringkali kita akan mendapati perbedaan yang berujung perdebatan yang cukup panas dengan orang tua atau mertua mengenai hubungan kita dengan pasangan.

Jika kita tidak memberikan respon yang tepat kepada mereka, maka lambat tapi pasti hubungan kita akan semakin runyam dan rusak. Hal ini sangat tidak baik dan tidak sehat bagi kelangsungan hubungan dua keluarga yang ada.

Lalu bagaimana kita meresponi orangtua, mertua atau calon mertua yang berbeda pendapat dengan kita secara tepat ?? Berikut tips memberikan respon yang baik dan tepat kepada para orangtua oleh Steven Agustinus, seorang Potential Explorer dan Motivator yang handal.

1.  Hormati Setiap Perbedaan yang Ada

Sebesar apapun perbedaan yang terjadi, kita harus terus memberikan rasa hormat kepada mereka. Karena keakuratan sikap hati kita akan sangat menentukkan tetap terbukanya jalur komunikasi yang sehat. Tetap jagai sudut pandang yang positif serta hati yang respek kepada orang tua atau mertua kita. Belajarlah untuk memiliki kecerdasan emosional yang positif.

2.  Bangun Komunikasi yang Sehat dan Terbuka

Jangan pernah membangun hubungan atau komunikasi setelah terjadi permasalahan dengan orangtua atau mertua. Luangkan waktu untuk berbincang-bincang yang sifatnya ringan dan terbuka. Sebagai yang lebih muda, kita tidak boleh terbiasa untuk mengoreksi mereka terlebih dahulu. Jika ingin memberi saran, gunakan kata-kata yang sopan dan tepat.

3.  Menjadi Pendengar yang Baik

Pada dasarnya seorang orangtua ingin sekali untuk didengarkan. Maka kita harus menjadi pendengar yang baik. Ambil kesempatan di tengah-tengah percakapan yang ada untuk bisa membagikan prinsip kebenaran. Sehingga perbedaan yang ada akan mulai teredam dan lama-kelamaan akan mulai sirna.

4.  Pastikan Kita Terus Berkata-kata Dengan Hikmat

Orangtua pastinya memiliki pengalaman hidup yang lebih dan mereka akan terus memberikan nasihat demi nasihat kepada kita. Namun semua keputusan, kembali lagi ada di tangan pasangan yang bersangkutan. Sehingga jika ada perbedaan sudut pandang, kita harus menggunakan hikmat untuk berkata-kata dengan para orangtua. Kemampuan untuk memilih kata-kata serta intonasi suara akan mengakibatkan dua efek yakni akan menyulut pertengkaran atau sebaliknya meredam perdebatan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga hubungan kita tetap harmonis dengan orangtua, mertua ataupun calon mertua. Jangan pernah hanya mencintai pasangan kita saja namun kita juga harus mencintai keluarga dari pasangan yang bersangkutan.

(so)

Check Also

5 Jawaban Apakah Ciuman Sebelum Nikah Adalah Bukti Cinta

IndonesiaOne.org – Mencium pasangan seringkali menjadi simbol dari rasa sayang dan cinta. Dalam suatu pernikahan pun, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *