Connect with us

Wisata dan Kuliner

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup

Salah satu objek wisata legendaris di Bandung, yaitu Saung Angklung Udjo terancam menutup usahanya lantaran terkena imbas dari pandemi Covid-19.

Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT Saung Angklung Udjo (SAU), Taufik Hidayat Udjo, yang membenarkan kabar peluang penutupan objek wisata berbasis budaya tersebut.

“Bukan sebulan lagi, malah bulan ini (terancam tutup). Saya bahkan sudah bilang ke pegawai ‘kalau bulan ini enggak ada gaji gimana?’ Mereka diam saja enggak menjawab tetapi meski begitu mereka tetap kerja juga,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, ihwal rencana penutupan terjadi karena pandemi Covid-19. Pandemi virus corona yang merebak di Indonesia pada Maret 2020 lalu berdampak pada penurunan pengunjung secara signifikan.

“Sebenarnya peristiwa ini dari 15 Maret, kami sudah tutup total sampai dengan 14 hari. Kami berasumsi ‘okelah sebentar (dua minggu)’, sehingga memang kami tutup total,” ujar Taufik.

Nyatanya, PSBB diperpanjang hingga berjilid-jilid. Sementara PT SAU tetap harus membayar gaji hampir seribu karyawannya.

“Awalnya menggaji dengan biasa (normal), dikurangin dan sampai dengan detik sekarang kami tidak bisa berbuat apa-apa. [Kami] kaitannya dengan kegiatan offline (tatap muka),” tutur Taufik.

Taufik menyadari betul aturan pemerintah harus ditaati. Namun sebagai pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata, lama-lama kondisi semakin terpuruk yang berujung terpaksa merumahkan karyawan.

SAU memiliki nyaris seribu karyawan. Mereka terdiri dari 400 pemain musik, 200 pekerja di bagian produksi, dan sisanya para pengrajin. Taufik menyebut ada lebih dari 600 orang yang bekerja langsung di SAU setiap harinya, bila ditambah dengan supplier dan pekerja acara, jumlah melonjak menjadi sekitar 1.000.

Para pekerja SAU itu saat ini sebagian besar dirumahkan, sisanya memilih mundur dan hanya beberapa yang bertahan dengan gaji kurang dari setengah dari semula. Pemotongan gaji dilakukan sejak April tahun lalu.

“Yang masih kami pertahankan ya paling pemelihara tempat, penyambut tamu, dan mereka yang masih beraktivitas di studio. Sekitar 20 persen lah yang masih bertahan,” ungkap Taufik.Tak hanya pertunjukan yang terhenti akibat dampak pandemi, produksi angklung, kegiatan acara pernikahan, produksi suvenir, hingga pertunjukan ke luar negeri nyaris terhenti.

Taufik menyebut biasanya tamu yang datang bisa mencapai 2.000 orang per hari. Kini, dengan kondisi pandemi, mencapai 20 orang tamu saja diakui sulit. Ketika mereka hanya membuka saat akhir pekan, tamu pun tak jua datang.

Pengunjung yang datang ke Saung Angklung Udjo lebih dari 90 persen adalah anak sekolah dan turis asing. Pertunjukan sendiri sifatnya grup dengan jumlah massa ratusan orang, hal yang sudah pasti dilarang kala pandemi.

“Ada regulasi dan kekhawatiran orang tentang berita Bandung masuk zona merah dan sebagainya,” kata Taufik.

“Sekarang semuanya itu 90 persen lebih berhenti total. Okelah ada virtual, cuma kan itu belum bisa apa-apa dengan anggota kita yang hampir 1.000 orang,” lanjutnya.

Selain biaya gaji, Taufik mengakui bahwa biaya yang harus ditutupi menjadi beban. Mulai dari bayar cicilan aset, BPJS, listrik, dan pajak.Taufik pun berharap pemerintah bisa ikut memberikan solusi. Sebab, ia menilai SAU tak hanya soal pariwisata tetapi juga bagian dari pemeliharaan kesenian dan kebudayaan Jawa Barat.

“Saya dari Desember kemarin sudah kesulitan. Saya sudah mencoba mengontak dari pusat maupun daerah tolong beri waktu audiensi tapi belum ada tanggapan,” kata Taufik.

“Kalau saya bicara sekadar owner Saung Angklung Udjo, saya berhenti, saya jual kemudian jadi apartemen kek atau apa kek selesai. Berarti saya punya duit dari apa yang saya jual,” lanjutnya.

“Tapi yang hampir 1.000 orang karyawan bagaimana? Ada yang dari tiga tahun kerja di saung sekarang sudah umur 20-an kemudian sekarang harus lepas, padahal Saung Angklung sudah menjadi jiwanya karena dia terdidik bahkan jadi lebih mapan. Itu banyak sekali yang terhenti,” ujar Taufik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisata dan Kuliner

Indonesia Kembali Menyabet Gelar Juara Best Destination 2017

IndonesiaOne.org – Tidak ada orang yang meragukan keindahan alam Indonesia, dari lautan dan pegunungan, Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang tidak kalah dengan negara lain. Lihat saja buktinya Indonesia kembali mengangkat gelar juara sebagai Best Destination 2017! Indonesia mesti berbangga dengan semua keindahan alam yang dimilikinya.

Dive magazine menyelenggarakan kembali Dive Travel Award. Dive Travel Award memiliki 3 kategori yakni Best Destination 2017, Best Dive Centre or Resort 2017, dan Best Liveboard 2017. Tahun lalu yaitu tahun 2016 Indonesia telah mengangkat gelar juara di kategori Best Destination, di tahun ini Indonesia kembali mendapat gelar juara di kategori yang sama!

Dari total 9.399 suara Indonesia mendapatkan suara terbanyak yakni sebesar 1.076 suara. Indonesia telah diprediksi sejak awal, karena Indonesia memiliki banyak potensi alam yang luar biasa seperti Pulau Komodo dan Raja Ampat yang menjadi incaran para turis. Dan ternyata Indonesia bukan hanya menjadi Best Destination 2017 saja, namun juga menang dalam kategori Best Dive Centre or Resort 2017. Siladen Resort and Spa di Bunaken menjadi juaranya mengalahkan Resort Oblu Heneli di Maldives yang mendapat juara kedua dalam kategori ini.

Sedangkan kategori Best Live board 2017 dimenangkan Sea Hunter di Cocos Island, namun di kategori Best Liveboard 2017 Indonesia menduduki posisi kedua di wakili oleh Pelagian dari Sulawesi.

Berikut daftar lengkap para pemenang di Dive Travel Award:

Best Destination 2017

1. Indonesia
2. Filipina
3. Azores
4. Meksiko
5. Maldives
6. Mesir/Laut Merah
7. Bahamas
8. Thailand
9. Fiji
10. Papua New Guinea

Best Dive Centre or Resort 2017

1. Siladen Resort and Spa, Bunaken, Indonesia
2. Oblu Heneli, Maldives
3. Wakatobi, Indonesia
4. Lembeh Resort, Indonesia
5. Atmosphere Dauin, Filipina
6. Misool, Indonesia
7. Papua Paradise, Indonesia
8. Atlantis Diving Centre, Indonesia
9. Blue Corner Dive, Indonesia
10. Aiyanar, Filipina

Best Live Board 2017

1. Sea Hunter, Cota Rica
2. Pelagian, Indonesia
3. Bahamas aggresor
4. FeBrina, Papua New Guinea
5. Nautilus Explorer, Meksiko
6. M/V, Galapagor Master
7. M/V Sea Spirit, Maldives
8. M/y Blue Horizon, Laut Merah
9. M/V Ocean Shapire, Maldives
10. Carpe Vita, Maldives

Indonesia wajib berbangga dengan apa yang dimiliki, tidak diragukan bangsa bangsa juga mengakui keindahan alam Indonesia!

 

sumber : detik.com

 

Continue Reading

Wisata dan Kuliner

5 Danau Air Biru di Indonesia Incaran Para Traveller

Keindahan Indonesia memang udah ga diraguin lagi.. tapi faktanya ada banyak banget surga tersembunyi yang bahkan orang Indonesia sendiri tidak tahu dan justru malah menjadi incaran para wisatawan luar negeri.

Kalau kamu sering melihat danau berwarna biru di film saja, nah pas banget kalau kamu cobain berwisata ke berbagai danau biru di Indonesia. Ini dia 5 danau dengan warna air paling biru incaran para traveller versi Indonesiaone :

1. Telaga Rambut Monte, Jawa Timur.

Kalau di Jepang ada Kaminoko Ike, kolam biru para dewa, di Indonesia kita juga punya objek wisata dengan kolam berwarna biru yang sangat jernih dan indah, namanya Telaga Rambut Monte.

Telaga ini berlokasi di Desa Krisik, Gandusari, kabupaten Blitar. Masyarakat sekitar percaya bahwa kolam ini tercipta berkat kesaktian Mbah Monte. Air di kolam ini sangat jernih dan biru, bahkan kamu bisa melihat ikan-ikan berenang kesana kemari di bawah permukaan kolam.

Rambut Monte

2. Danau Kaolin, Belitung

Selain pantainya yang Indah, ternyata Belitung juga memiliki wisata danau yang tidak kalah indah.

Danau Kaolin memiliki nuansa alam yang indah dengan tebing putih yang kontras dengan permukaan danau yang berwarna biru. Sayang sekali, ternyata keindahan ini tercipta karena rusaknya alam akibat penggalian tambang. Ceruk bekas galian tersebut kemudian membentuk danau dengan air berwarna biru muda.

Danau Kaolin

3. Situ Cilembang, Sumedang, Jawa Barat

Danau yang satu ini memiliki banyak nama, Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang.

Danau yang ukurannya kecil ini adalah sumber air bagi warga usun Curug dan sekitarnya. Memiliki air yang sangat jernih dan biru membuat danau ini menjadi incaran para pecinta travelling. Sayang sekali kamu tidak dizinkan untuk berenang di danau ini.

Situ Cilembang

4. Danau Biru Walasiho

Danau Biru Walasiho adalah salah satu objek wisata dengan pemandangan paling menakjubkan di Sulawesi tenggara. Tidak hanya danau yang indah, objek wisata ini juga dikelilingi dengan pepohonan hijau, udara yang bersih dan sejuk.

Kalau kamu pergi ke danau ini, kamu dapat pergi ke pantai berpasir putih yang letaknya hanya beberapa puluh meter saja dari danau ini.

danau-biru

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Inilah danau biru yang menjadi salah satu harta alam di Kalimantan Timur. Danau ini punya fenomena yang unik guys, yaitu air di dasar danau memiliki rasa asin seperti air laut , sementara air di permukaan terasa tawar.

Saking jernihnya air disini, perahu yang berlayar di atasnya tampak seperti mengambang di udara.

Labuan Cermin

Nah itu dia 5 danau biru di Indonesia yang indahnya bukan main.

Continue Reading

IKRAR - Indonesia Berkarya

Kebun Inspirasi Katulampa Alternatif Wisata Bagi Keluarga Anda

IndonesiaOne.org – Bagi anda yang ingin menikmati waktu liburan bersama keluarga sambil menghirup udara segar dan beroleh pengetahuan mengenai beraneka ragam tumbuhan ‘unik’ yang bermanfaat, maka Kebun Inspirasi Katulampa Bogor bisa dijadikan alternatif tempat yang tepat bagi anda sekeluarga.

20

1

2

3

5

Salah satu keunikan dari kebun ini yaitu terdapat banyak jenis tanaman yang berasal dari Indonesia ataupun dari luar negeri. Disamping itu Kebun Inspirasi Katulampa juga memiliki perternakan ayam kampung dan pembudidayaan jenis ikan air tawar. Hal ini dilakukan demi menciptakan sebuah miniatur atau percontohan dari pertanian, perternakan dan pembudidayaan ikan yang bisa menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual.

13

19

10

Keberadaan kebun ini diawali dari kerinduan hati sekumpulan anak-anak muda yang ingin berpartisipasi membangun negeri dan secara khusus berkonsentrasi membangun dunia pertanian Indonesia. Kebun Inspirasi Katulampa ini juga digunakan untuk wisata edu tour pertanian yang sangat inspiratif dan terjangkau. Kamu bisa belajar banyak tentang dunia pertanian, perternakan, pembudidayaan ikan dan ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Kebun Inspirasi Katulampa. Seperti halnya menikmati buah – buah unik yang berada di kebun tersebut, dan tentunya anda juga bisa bersantai di pendopo yang tersedia sambil beristirahat sejenak dari segala kesibukkan.

Paket Wisata

Kebun ini beralamat di Jl. Katulampa, Perumahan Griya Katulampa, Blok A ujung, Bogor Timur, kota Bogor.

Tidak perlu menunggu waktu lama lagi, segeralah rencanakan liburan keluarga anda menuju Kebun Inspirasi Katulampa!

 

Continue Reading

Trending!!