TGR Peduli

TGR Care: Peduli Kebakaran Kramat Pulo Bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)

Home » Blog » TGR Care: Peduli Kebakaran Kramat Pulo Bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)

Jakarta, 19 Desember 2021 – Tradisional Games Returns (TGR) Community bekerja sama dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mengadakan kegiatan TGR Care peduli kebakaran Kramat Pulo, Jakarta Pusat. Musibah kebakaran tersebut terjadi pekan lalu, tepatnya pada Rabu, 15 Desember 2021. Kegiatan TGR Care berupa psychological first aid, yaitu salah satu bagian dari dukungan psikososial untuk membantu meringankan stres atas peristiwa kritis atau musibah yang melampaui kemampuan manusia untuk menanganinya. Kebakaran tersebut menimbulkan kerugian pada sekitar 450 orang yang diungsikan di Kelurahan Kramat. Menurut beberapa sumber, terjadinya kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik di area kos RW 8 Kramat Pulo. 

(Dokumentasi TGR Community, 2021)

Menanggapi musibah kebakaran tersebut, TGR dan MRI tergerak menghimpun donasi dari masyarakat melalui media sosial Instagram @tgrcampaign dan @mrijakpus. Donasi dibuka sejak tanggal 17-19 Desember 2021, dan terkumpul sejumlah Rp525.000,-. Dana tersebut dialokasikan untuk konsumsi pengungsi dan operasional kegiatan.

(Dokumentasi TGR Community, 2021)

Dalam kegiatan tersebut, relawan TGR dan MRI bermain bersama 50 anak di Taman Baca RW 08 Kelurahan Kramat, Kramat Pulo, Jakarta Pusat mulai pukul 15.00-17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan edukasi permainan tradisional, cerdas cermat, dan bernyanyi bersama. Kehadiran TGR dan MRI disambut antusias oleh anak-anak pengungsi, terbukti dengan tawa riang gembira yang mewarnai sepanjang kegiatan berlangsung.

(Dokumentasi TGR Community, 2021)

Para relawan dari TGR yang berjumlah delapan orang menjadi fasilitator bermain. Permainan tradisional yang dimainkan bersama yaitu congklak, egrang batok, engklek/dampu bulan, gasing, ular tangga raksasa dan karet. Tidak ketinggalan pula permainan tanpa alat seperti “saya orang kaya saya orang miskin” dan tepuk ampar-ampar pisang.

(Dokumentasi TGR Community, 2021)

Natasya Rinawati, koordinator kegiatan TGR Care, menuturkan, “Anak-anak sangat senang saat kami mengajak mereka untuk bermainan permainan tradisional ini. Semoga kegiatan kami sore ini menghibur dan mengembalikan semangat mereka.” Nazwa, salah satu peserta, bahkan mengaku baru pertama kali mencoba permainan tepuk ampar-ampar pisang. Baginya, permainan ini amat seru dan ia tidak sabar ingin mempraktikkannya bersama teman-teman yang lain.

Jika Sobat TGR ingin berkolaborasi dan menyelenggarakan kegiatan bermain permainan tradisional pada kesempatan berikutnya, silakan mengisi lengkap formulir ini. Tetap semangat menyongsong hari esok! Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! (ASY/ed.SF)

REFERENSI:

Prireza, Adam. 2021. Kebakaran di Kramat Pulo Diduga Akibat Korsleting Listrik. Diambil dari Tempo.co: https://metro.tempo.co/read/1539566/kebakaran-di-kramat-pulo-diduga-akibat-korsleting-listrik. Diakses 18 Desember 2021.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Selamat datang di Indonesiaone.org, Portal Berita Inspirasi!