Cara mudah mendidik anak

3 Cara sederhana dan ampuh mendidik anak

Bagikan Artikel ini :

Mendidik seorang anak memang tidaklah mudah tetapi jika kita mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam mengasuh asuh anak, maka semuanya tidak akan menjadi sulit. Berikut ini adalah 3 cara sederhana dan ampuh dalam mendidik anak :

1.  Melalui teladan yang kita tunjukkan 

teladan hidup

Apapun yang kita inginkan untuk anak kita lakukan sesuai dengan perkataan kita, maka sudah seharusnya kita sebagai orangtua mempraktekkan dan menjalani perkataan itu terlebih dahulu. 

Memberi perintah kepada anak tanpa memberikan teladan atau tidak menjalankan perintah itu terlebih dahulu di dalam diri kita. Hanya akan membuat anak menjadi memberontak dan hatinya akan makin terluka. Dan ini bisa dikatakan merupakan pola mendidik anak yang sangat buruk. Jadi pastikan sebagai orangtua, kita sudah menghidupi terlebih dahulu apa yang akan kita ajarkan kepada anak. 

Baca : 4 Pola asuh orangtua dan efeknya terhadap anak

2.  Melalui komunikasi sebagai seorang ayah atau ibu dengan anak-anaknya 

Luangkan waktu yang berkualitas dan bermutu bagi keluarga kita. Karena dengan memberi waktu khusus, maka kita sebagai orangtua bisa dengan leluasa membangun hubungan komunikasi yang sehat dengan anak-anak kita. Dan banyak hal yang membangun serta positif yang bisa kita lakukan dalam momen tersebut. Berikut tips-tips sederhana yang bisa dilakukan dalam meluangkan waktu dengan keluarga : 

  • Pilihlah tempat yang ideal dengan suasana yang kondusif agar ayah, ibu dan anak bisa berinteraksi dengan leluasa. Singkirkan gadget atau apapun yang bisa mengalihkan fokus kita kepada keluarga. 
  • Saat kondisi sudah mendukung maka mulailah untuk memberikan pengarahan-pengarahan kepada anak. 
  • Mulailah bercerita hal yang menarik atau pengalaman hidup kita kepada anak. Pilihlah cerita yang membuat anak-anak kita menjadi terinspirasi dan dibangun karena pengalaman tersebut. 
  • Mulai pancing agar anak kita juga menceritakan hal yang menarik baginya. Jadilah pendengar yang baik bagi mereka. Karena dari sinilah akan terbangun rasa kepercayaan antara orangtua dengan anak. 
  • Berikan pujian-pujian kecil atas apa yang sudah dilakukan oleh anak kita. Bahkan jika mungkin mereka menceritakan pengalaman buruknya, mulailah untuk meng-encourage atau memberi kata-kata yang bisa membesarkan hati serta mensupport mereka. 
  • Kemudian mulai berikan koreksian dan arahan kepada mereka. Namun ingat, terus jagai energi yang positif saat memberi koreksian. Jangan terkesan menghakimi atau menyudutkan anak kita. Tetapi beri arahan yang membangun kepada mereka. 

Baca juga : Apakah anak dapat merasakan cinta orangtua?

3.  Melalui permainan 

Ada banyak jenis permainan yang dapat kita pakai untuk menanamkan value atau prinsip kebenaran kepada anak. Mulai cari permainan-permainan yang bisa melibatkan semua anggota keluarga (ayah, ibu, anak). Dengan tujuan agar setiap anggota keluarga bisa berinteraksi dan membangun hubungan yang lebih erat satu sama lain. 

Mau cari ide permainan tradisional bersama anak ? Klik rubrik ini : Traditional Games Returns

Mulai cari prinsip-prinsip kebenaran yang ada dalam permainan itu dan mulai cari keterkaitan serta aplikatifnya bagi kehidupan nyata. Dengan demikian, anak-anak akan mulai mengimajinasikan lebih mudah, sederhana dan aplikatif mengenai prinsip kebenaran tersebut bagi kehidupan sehari-hari mereka. Dan mereka pun tidak akan susah mempraktekkannya. 

Bagikan Artikel ini :

Leave a Reply