Cara Melatih Kecerdasan yang Kita Miliki

Home » Blog » Cara Melatih Kecerdasan yang Kita Miliki

Dalam artikel sebelumnya Indonesiaone telah memaparkan beberapa jenis kecerdasan manusia , Nah kali ini Indonesiaone akan memberikan tips praktis cara melatihnya :

1. Kecerdasan Visual

Keistimewaan dari kecerdasan visual ini terletak pada kemampuan berpikir, memahami dan menerjemahkan pikiran atau imajinasi ke dalam bentuk visual. Karena itu yang perlu kita latih adalah kemampuan kita dalam menggunakan imajinasi kita.

Karena itu yang perlu kita latih adalah kemampuan kita dalam menggunakan imajinasi kita. Saat kita datang ke sebuah tempat baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya, jangan hanya terpesona dengan pemandangan atau situasi yang baru kita lihat, tapi coba untuk melatih daya analisis dan pengamatan yang kita miliki. Saat kita melihat sesuatu kita dapat mengimajinasikan apa yang kita dengar dan lihat dan dengar tanpa kita sadari kita sedang melatih kecerdasan visual intelegensi kita. 

Cara praktis : Saat kita menceritakan kembali sebuah situasi di masa lampau, misalnya kita pergi ke sebuah peternakan, lalu kita harus menggunakan imajinasi yang kita miliki untuk membayangkan sekaligus menceritakan kejadian tersebut dengan detail.

Cara lainnya : menggunakan imajinasi kita saat menghafalkan sesuatu. Jangan menghafalkan kata per kata tapi gunakan imajinasi untuk menghafalkannya. Dengan menghafalkan pola visual atau pattern (pola) yang ada.

2. Kecerdasan Verbal

Kecerdasan verbal dapat dilatih dengan cara menuliskan “script” yang akan kita ucapkan terlebih dahulu.

Kecerdasan verbal : Melatih dalam bentuk tulisan. Tulis kata per kata, pilihlah kata-kata yang tegas, mudah dipahami, tidak bermakna ganda, dan memuat informasi penting, sehingga kecerdasan verbal yang kita miliki terus meningkat dan bertumbuh.

Setelah kita menuliskan script yang ada, kita dapat mulai berlatih berbicara di depan cermin sambil melihat apakah ekspresi wajah dan ekspresi tubuh kita sudah baik.

3. Kecerdasan Logis

Kecerdasan ini dapat dilatih dengan cara melihat dan menganalisa sebanyak mungkin contoh kasus yang terjadi. Saat melihat suatu masalah atau situasi, tuliskan sebanyak mungkin faktor-faktor yang menjadi kerangka permasalahan / situasi tersebut.

Misalnya : Kita mengambil contoh kasus mengamati kemacetan. Lalu kita menuliskan semua aspek yang ada di dalam kondisi itu. Faktor banyaknya volume kendaraan, faktor lebar jalanan, faktor jam sekolah dan kantor, dari semua pengamatan itu kita mencari dan menemukan akar permasalahan dan mencari solusi terbaik

Kemampuan pengamatan sangat penting dalam posisi kepemimpinan. Misalnya saja seorang manager harus meningkatkan omset penjualan. Ia harus mengamati target pasar yang ada, menganalisa selera pasar dan kondisi pasar, serta melihat strategi2 apa yang dapat dipakai untuk mendongkrak penjualan.

4. Kecerdasan Kreatif

Kecerdasan ini dapat ditumbuhkan dan dilatih dengan cara mengubah kebiasaan dan rutinitas kita sehari-hari.

Misalnya saja : kita biasa melewati suatu rute jalan tertentu saat pergi dan pulang sekolah. Kita “memaksa” diri kita untuk mencoba melewati rute lainnya agar pikiran kita dapat lebih terbuka kepada hal-hal lainnya. Begitu juga dengan cara kita melakukan sesuatu. Misalnya kita tidak pernah mencoba memasak ikan dengan cara dibakar, saat kita mulai mencoba hal yang baru, maka aspek kreatifitas dalam diri kita akan mulai tumbuh.

Melatih diri untuk keluar dari kebiasaan dan rutinitas, akan membuat kita dapat melihat dari sudut pandang yang lain. Kita juga dapat belajar dari orang lain dalam menghadapi suatu permasalahan sehingga kita memiliki point of view yang lebih luas dan dapat melihat sebuah permasalahan dari kacamata besar.

5. Kecerdasan Fisik

Kecerdasan yang satu ini hanya dapat dilatih dengan cara melakukan olah tubuh dan latihan fisik.

6. Kecerdasan Emosional

Orang sering berpikir bahwa karakter dan perangai seseorang tidak akan dapat diubah. Misalnya : Berangasan, pemarah, atau penakut.

Padahal sebenarnya, kecerdasan emosional seseorang dapat dilatih, diubah, dan ditumbuhkan.

7. Kecerdasan Spiritual

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kecerdasan Spiritual seseorang hanyalah dengan melakukan perenungan akan kebenaran-kebenaran yang hakiki dari Sang Pencipta.

Orang yang terus memiliki hasrat untuk mengenal Penciptanya, akan terus mencari dan menggali pemahaman yang lebih lagi tentang Tuhan. Dari situ juga ia mengenali sifat Tuhan yang maha penyayang dan maha besar, sehingga muncul ketentraman dan kedamaian spiritual di dalam batinnya.

Semoga Bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Selamat datang di Indonesiaone.org, Portal Berita Inspirasi!